Bisnis : My obsessions

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan, karena korporasi Betiga Klaten genap berusia 4 tahun pada tanggal 2 Juni 2007 lalu.
Kami sering mengalami kegagalan dan mendapat problema dalam mengelola bisnis tersebut.

Ada fenomena menarik setiap kali kami dapat melewati masa2 gagal dan dapat mengatasi setiap problema, yakni Sales kami mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Kami selalu mensyukuri setiap mengalami kegagalan dan mendapat problema bisnis, karena kami sudah selangkah lebih maju dalam menggapai my big dreams…
Kami selalu berusaha untuk dapat berbisnis dengan menggunakan ‘hati’, sehingga apapun yang kami terima pasti yang terbaik dari Tuhan.

Sebagai wujud rasa syukur, kami memberikan milik kami yang terbaik untuk karyawan Betiga Klaten, yakni dengan mendirikan Koperasi Karyawan (Kopkar) Betiga pada tanggal 1 Mei 2007.
Secara garis besar Kopkar merupakan :

  • Penerima hibah kepemilikan saham korporasi Betiga Klaten sebesar 40% pada saat kami pensiun dan menjadi pengelola aktif korporasi Betiga Klaten secara keseluruhan.
  • Wadah pembelajaran bisnis sekaligus mengasah jiwa entrepreneur karyawan, sehingga setiap karyawan mampu mengelola bisnis.
  • Tahap awal aktivitas Kopkar adalah menjadi mitra kerja korporasi Betiga Klaten dalam mendistribusikan semua produk SPS (karton) dari Aqua Danone untuk pelanggan segmen Retail.
  • Wahana investasi karyawan Betiga, yang menghasilkan ‘pasif income’ sepanjang eksistensi korporasi Betiga, sehingga karyawan selalu fokus dan nyaman menuju masa depan.

Permodalan Kopkar berasal dari iuran Simpanan Anggota yang dikumpulkan setiap bulan, yakni sebesar Rp 10.000,- untuk tiap anggota.
Pada tahap pendirian,  jumlah anggota Kopkar sebanyak 15 orang, sehingga di bulan Mei 2007 terkumpul Simpanan Anggota sebesar 15 orang @ Rp 10.000,- = Rp 150.000,-.
Hasil penjualan limbah plastik tutup botol sebesar Rp 400.000,- disumbangkan ke Kopkar sebagai Modal Donasi.

Kopkar mulai ‘action’ dengan modal kerja sebesar Rp 550.000,- yang berasal dari Simpanan Anggota dan Modal Donasi, jumlah tersebut langsung dibelanjakan aneka produk SPS Aqua Danone dan didistribusikan kepada pelanggan segmen Retail yang memesan produk SPS.
Para anggota Kopkar juga mulai bergerak menambah outlet pelanggan segmen Retail.

Sungguh dahsyat kinerja Kopkar di bulan Mei 2007 (26 hari kerja), yakni dengan modal kerja sebesar Rp 550.000,- mampu mencetak Sales sebesar Rp 49.000.000,- serta menghasilkan Laba bersih (sebelum pajak) sebesar Rp 1.100.000,-
Dengan dialihkannya segmen Retail kepada Kopkar tidak berarti Sales Betiga turun, justru sebaliknya Sales Betiga malah meningkat hampir 20 % di bulan Mei 2007.

Kami bersyukur atas fenomena Mei 2007. Terima kasih Tuhan atas karuniaMu ini…
Kami persembahkan karya ini kepada Bapak almarhum, yang selalu menasihati kami untuk selalu memberi… memberi… dan memberi….

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s