
Menjawab pertanyaan beberapa rekan komunitas milis, berikut sharing bisnis Agen Aqua yang sudah saya jalani.
Saat ini saya sebagai Sub Distributor Aqua Danone dengan wilayah pemasaran di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah.
Kajian analisa SWOT :
Strength :
- Brand Aqua Danone sangat kuat
- Aqua Danone sebagai market leader bisnis Air Mineral Dalam Kemasan (pangsa pasar 60%)
- Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk.
Weakness :
- Kendali pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor Aqua
- Margin tipis
- Diperlukan Modal Kerja yang cukup signifikan
- Ketika musim hujan penjualan turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
Opportunity :
- Jenjang menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar
- Track record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food (Biskuat dll).
Threat :
- Persaingan harga dengan sesama Agen / Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari wilayah lain (cross border)
- Tidak dipasok produk / pencabutan lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar aturan keagenan.
Informasi tambahan :
Strata keagenan dan Harga Jual produk Aqua Danone (bulan Agustus 2007) :
(Catatan : volume minimum = volume setiap pengiriman = volume per invoice)
1. Direct : End user, Konsumen Rumah Tangga / Perkantoran, volume minimum 1, tidak ada target, harga jual air (isi saja) Rp 9.000 s/d Rp 10.000 (diantar)
2. Retailer : Toko Kecil / Warung, volume min 5 s/d 10, tidak ada target, harga jual Rp 8.050.
3. Whole Seller : toko besar / grosir, volume min 50, target vol min. 2.000 / bln
4. High Class Outlet : Hotel, Supermarket, Hypermarket, Toserba …> mempunyai aturan tersendiri dan kontrak jangka panjang serta berhubungan langsung dengan principal Aqua Danone, Jakarta.
5. Star Outlet : Sub Distributor dengan wilayah tertentu, volume min 500, target volume min 12.500 / bln
Modal kerja yang diperlukan tergantung Strata Agen yang diinginkan, namun point yang penting :
1. Sewa tempat usaha, syukur apabila sudah mempunyai kios / ruko sendiri.
2. Telpon PSTN / Flexy dengan nomor cantik, agar mudah diingat pelanggan.
3. Harga botol (galon) Rp 30.000,- / buah
4. Sepeda motor / Mobil jenis Pick Up / Light Truck (tergantung strata keagenan), dipakai untuk distribusi produk
5. Biaya Overhead selama 3-6 bulan.
Demikian sekelumit point penting tentang keagenan bisnis Agen Aqua, semoga bermanfaat.
@pia,
Silahkan juga dibaca artikel analisa SWOT Aqua di web :
http://pindah-kuadran.com
Salam sukses.
@Arief,
Terima kasih atas kunjungannya.
Saya kurang memahami karakteristik produk baterai ABC.
Salam sukses.
mas, tolong saya dong untuk membuat analisis SWOT untuk baterai ABC Zinc Carbon dan Alkaline..
Trims before
tolong dong kirim analisis swot aqua,plizzzz… ke cute_p14@yahoo.com
@Danny Mooy,
Terima kasih atas kunjungannya.
Salam sukses.
@Kiki Frimansyah,
Terima kasih atas kunjungannya.
Saya sudah kirim e-mail tentang analisa yg lebih spesifik.
Salam hangat.
sebenarnya saya sedang mengalami suatu problem dalam menganalisa Swot hingga Esfas trus menuju renstra Pt inti kapuas arwana dikarenakan kurangnya data perusahaan jikalau bersedia saya butuh sekali pertolongan terimakasih banyak atas bantuannya semoga dilain kesempatan kita bisa bekerja sama
sebenarnya saya sedang mengalami suatu problem dalam menganalisa Swot hingga Esfas trus menuju renstra Pt inti kapuas arwana dikarenakan kurangnya data perusahaan jikalau bersedia saya butuh sekali pertolongan terimakasih
tolong berikan saya cara membuat analisa SWOT untuk AMDK AQUA, untuk tugas kuliah saya.
trims
@mas Peterus Hadyanto,
Silahkan kirim email ke betigaklaten@yahoo.com tentang analisa SWOT AMDK Aqua berikut data yang diinginkan.
Terima kasih atas kunjungannya.
Salam,
Bambang Triwoko
bisakah saya mendapatkan analisis swot mengenai AMDK merek aqua