Bisnis distribusi LPG.

Dear mas Ardhian alias Yoyok,

Sori berat baru bisa balas e-mail sampeyan, karena nggak OL selama seminggu.

Point penting dalam berbisnis, khususnya bidang  LPG :

1. Lebih bijak memulai bisnis dari yang ‘kecil’, krn risiko lebih mudah dikendalikan dan secara kuantitatif terukur (modal awal 1 s/d 5 juta). Pondasi bisnis yang terbentuk akan solid, karena problem or risiko yang dihadapi mulai dari yang kecil / ringan, sehingga penyelesaiannyapun masih sederhana / tidak kompleks.

2. Target pelanggan adalah konsumen akhir (rumah tangga, warung, catering) dengan cara diantar ke tempat pelanggan dengan spd motor. Bila pelayanan kita memuaskan, mereka akan menjadi pelanggan ‘setia’. Karena harga jualnya ‘bagus’ (antara Rp 56.000,- s/d Rp 59.000,- tergantung jarak antar), sehingga margin yang diperoleh ‘lumayan’.
3. Harga pembelian LPG dari Agen tergantung dari ‘volume’ (total per bulan) dan ‘frekuensi pengambilan’ (berapa kali pengambilan setiap minggunya & berapa tabung setiap pengambilan).

Saat ini harga tabung + isi LPG sekitar Rp 300.000,- sehingga dengan modal pd point 1 sampeyan bisa memulai dengan 10-15 tabung.

Untuk pembelian isi LPG, asumsi mempunyai tabung 10-15, harganya Rp 52.000,- s/d Rp 53.000,- (tergantung tingkat persaingan antar Agen LPG di Pasuruan).

4. Pasang ‘nomor cantik’ telpon dari Telkom agar pelanggan mudah mengingatnya. Harga nomor cantik Telkom, harga nomor biasa + sekitar Rp 250.000,- s/d Rp 500.000,- (contoh : nomor telpon kantor saya 32 90 90 ; 32 61 61 ; 3100 222).

5. Sebarkan brosur, dimulai dari lingkungan wilayah RT terus RW meluas ke Kelurahan melebar ke Kecamatan, dst… dst…

6. Bisnis sub agen LPG, biasanya diikuti pula dengan bisnis AQUA galon. Pengamatan selama ini, setiap pelanggan rumah tangga menggunakan LPG (minimal 1 tabung/bulan) dan mengkonsumsi AQUA galon (3-6 galon/bulan).

7. Selamat TAKE ACTION. Sukses untuk mas Yoyok.

Salam SMART & FREEDOM,

– bambang triwoko, yogya –

(diambil dari e-mail kepada mas Ardhian di Pasuruan tanggal 03 April 2007)

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

18 thoughts on “Bisnis distribusi LPG.”

  1. saya mau buka pangkalan lpg 3kg tlng infonya sya harus daftar kemana dan min berapa tabung,,,rumah saya bojonegoro,trimakasih

  2. Saya ingin menjadi pengecer LPG ambil 10 tabung dulu, harga isi ulangnya berapa kalo dikirim di daerah tuban ? Bisa dikirim pakek tosa ? soalnya tempatku didalam gang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s