Take Double Action.

cartoon_415.gif

Awal bulan September 2007 diwarnai dengan persiapan event Ramadhan TDA Joglo. Salah satu aktivitasnya adalah memberikan kemudahan bagi anggota TDA Joglo yang ingin berjualan sajadah dan sarung, sekaligus sebagai ajang pembelajaran bisnis bagi anggota TDA Joglo.

Goal dari aktivitas ini adalah menuntun anggota TDA Joglo untuk dapat cepat menangkap peluang bisnis, yakni menjadi re-seller sajadah dan sarung. Persyaratan menjadi re-seller cukup mudah dan anggota TDA Joglo tidak perlu mengeluarkan modal kerja (penjualan produk kepada anggota dengan sistem konsinyasi).

Siklus bisnis penjualan sajadah tahap ke 1 cukup cepat, yakni dalam waktu 3 hari stok sajadah langsung habis, karena produk sajadah yang dijual memang istimewa, jarang ada di pasaran umum.

Satu hal yang disayangkan, sedikit anggota TDA Joglo yang berhasil menangkap peluang emas ini, meskipun sosialisasi atau publikasinya cukup informatif.

Siklus bisnis penjualan sajadah tahap ke 2 masih dalam proses repeat order. Agar lebih banyak anggota yang ikut menjadi re-seller, maka informasi yang dipublikasikan dibuat lebih detil.

Pada saat yang sama digulirkan siklus bisnis penjualan sarung tahap 1 dengan volume yang lebih besar dari pada volume sajadah. Kualitas sarung cukup representatif dan memperoleh pasokan dengan harga yang bersaing.

Pemasok sajadah adalah salah satu anggota TDA Jakarta, sedangkan pemasok sarung adalah salah satu anggota TDA Surabaya, sehingga terciptalah sinergi antar anggota TDA di Jakarta, Surabaya dan Joglo (Jogya-Solo).

Interaksi bisnis yang fenomenal dan merupakan pengalaman pertama berbisnis on line. Inilah cikal bakal dream saya untuk berbisnis di rumah… salah satu kado istimewa my 22nd wedding anniversary.

Thanks God… it’s an amazing and miracle things !!

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s