Semakin gampang utang di bank.

kids21.gif

Perbankan di Indonesia sedang kebanjiran dana murah berupa Tabungan, Deposito dan Rekening Giro dari pihak ke 3 (nasabah/kreditur, red) dan sedang kegerahan karena suku bunga SBI pelan2 bergerak turun.

Perbankan Nasional semakin gerah sejak Bank Indonesia, sebagai pemegang otoritas moneter, mengeluarkan kebijakan berupa Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang berisi komposisi ratio yang rumit dimengerti awam (LDR, NPL, dll) dan PBI tersebut harus dipatuhi Perbankan di Indonesia.

Kondisi ini menyebabkan Perbankan Nasional mau tak mau harus agresif memasarkan uangnya, antara lain dengan produk :

a. KMK (Kredit Modal Kerja) kepada UMKM (Usaha Micro, Kecil dan Menengah)
b. Peningkatan limit kredit bagi pemegang Credit Card

Fenomena persaingan bisnis bank di lapangan sungguh asyik dicermati, berbagai strategi marketing dilakukan perbankan untuk menggaet Debitur potensial (penerima kredit bank, red), antara lain :

1. Perang suku bunga kredit, khususnya kredit investasi dengan tenor 5 tahun ke atas, sudah tembus pada angka 1 digit (8% – 9% per tahun).
Sementara itu untuk suku bunga KMK berada di kisaran 12% – 14% per tahun. Kisaran rate suku bunga yang cukup bersaing untuk berbisnis.
Tidaklah heran apabila perbankan saling berebut debitur potensial dan melakukan “take over” KMK Debitur tersbut

2. Proses aplikasi kredit sangat cepat, bahkan ada yang menawarkan 2 hari kerja langsung cair di rekening Debitur di bank manapun

3. Persyaratan legalitas pengajuan kredit dipermudah, tidak lagi ber-belit2. Perbankan sudah mulai menjemput bola.

4. Untuk aplikasi Credit Card rata2 Bank Issuer menawarkan bebas annual fee selama sekian tahun. Bahkan yang lebih heboh, salah satu Bank Issuer berani memberikan fasilitas “bebas annual fee seumur hidup”… opo tumon ??!!
Saya sering menerima telpon dari Tele Marketing beberapa Bank Issuer yang berani menawarkan limit kredit 150% lebih banyak dari limit kredit Credit Card yang sudah dimiliki.
Gila man.. limit kredit yang sudah dimiliki saja tidak pernah terpakai lebih dari 10% per bulannya. (Wow… anjuran untuk shopping di Mall menggunakan Credit Card nih..!! Take care..)

Last but not least, para Debitur Bank sedang dimanja dengan kucuran dana kredit dari perbankan nasional, terlebih dari Bank pelat merah (milik Pemerintah, red).
Kondisi nyaman dan sejuk bagi UMKM yang ingin ber-leverage menyambut momentum Lebaran…. Don’t missed it… !!!

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s