Happy problem pasca Lebaran.

cartoons_walt_disney013.jpg

Happy problem sedang saya alami dalam 6 hari terakhir ini, yakni pasokan produk Aqua Danone tersendat; sementara itu di sisi lain… order dari pelanggan datang bertubi-tubi dengan volume permintaan di atas rata2.

Setiap kali terdengar dering telepon (terasa nada deringnya fals… hick !)… o la la… pasti komplain dari pelanggan yang kecewa karena ordernya belum dikirim, ataupun pelanggan yang kecewa karena ordernya cuma dikirim sebagian dan tidak komplit.
Well… suatu hal yang jamak apabila antara permintaan dan pasokan produk tidak seimbang.

Siklus problem yang selalu berulang setiap tahunnya… setiap kali masa libur panjang Lebaran, jadi meskipun stock produk sudah diantisipasi dengan penambahan pasokan, tetap saja selalu kedodoran.

Banyaknya pemudik yang mempunyai life style a’la Metropolitan… plus panjangnya musim kemarau dengan suhu udara yang di atas rata2… ditambah pabrik Aqua Danone libur tidak produksi selama 5 hari… wuih.. pasti menyebabkan kenaikan “demand” yang susah diprediksi.

Booming permintaan barang sudah diantisipasi dengan menaikkan “iron stock” dan permintaan penambahan pasokan sebesar 30% , hwarakadah… masih jebol dan tidak dapat melayani para pelanggan dengan baik ; bahkan stock item tertentu sudah habis sebelum libur panjang Lebaran, membuat seluruh jajaran korporasi kenyang diomelin pelanggan.

Dampak “brand image” Aqua Danone lewat bombardir tayangan iklan di media cetak dan media elektronik sungguh dahsyat… kenaikan konsumen yang luar biasa mudah dikenali, yakni dari penjualan botol 5 gallon yang meningkat tajam dalam 1 bulan terakhir.
Semoga kelangkaan produk tidak berlangsung lama sehingga dapat melayani loyal customer dengan lebih prima lagi.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

4 thoughts on “Happy problem pasca Lebaran.”

  1. Happy Problem: kata-kata yang menyenangkan, menantang, menggemaskan, bikin penasaran, jadi agak-agak kesal, dll… campuraduk ala gado-gado dan karedok tapi tetap judulnya Happy kan Mas….

    Salam
    Fuad Muftie

  2. @mas Arie,
    Prosedur dari Principal Aqua Danone : apabila mendapatkan produk yang tidak sebagaimana mestinya segera dikembalikan ke pabrik untuk diperiksa di laboratorium.
    Pengembalian dapat dilakukan melalui agen terdekat.
    Terima kasih atas kunjungannya.

    Salam,
    Bams Triwoko

  3. ngomongin masalah Aqua..
    ngebedain Aqua yang isinya asli ma yang gak gimana ya?
    saya dulu pernah beli Aqua gallon tapi airnya berasa kaporit.. padahal segelnya bagus..😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s