Rencana tahun 2008.

cartoon_416.gif

Tahun 2008 tinggal 2 bulan lagi, tiba saatnya mengevaluasi kinerja bisnis di tahun 2007 serta rencana bisnis tahun 2008. Ada beberapa peluang bisnis yang layak di-follow up dan “take action”.

Persiapan bisnis plan lebih “njlimet” dan agak konservatif, mengingat proyeksi kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2008 kurang begitu bagus, yakni dampak kenaikan harga minyak yang per hari ini sudah mencapai USD 100/barrel, plus suhu politik pasti hangat menjelang Pemilu 2009.

Proyeksi penjualan 2008 untuk bisnis distribusi produk Aqua Danone dan LPG Pertamina dipatok pada angka kenaikan 10% dari penjualan tahun 2007.
Radius lingkaran ceruk pasar yang digarap makin luas, otomatis biaya distribusi juga meningkat, sehingga penambahan margin dari Penjualan tidak terlalu signifikan.
Kebijakan yang diambil hanya untuk menaikkan volume produk, agar rapot di Principal makin kinclong dan goal akhir adalah strata keagenan “naik kelas”.

Koperasi Karyawan pada tahun 2008 diproyeksikan untuk diserahi pengelolaan produk Aqua 5 gallon, yakni untuk pangsa pasar Retail dan Direct dan apabila memungkinkan ditambahi mengelola produk Aqua SPS (karton) untuk pangsa pasar Whole Seller yang cukup rumit.
Sedangkan untuk karyawan senior yang kompeten dan kredibel mulai diserahi tanggung jawab yang lebih besar dalam mengelola korporasi setiap harinya, sebagai pembelajaran menerima tongkat estafet di tahun 2010.

Sementara itu proyeksi penjualan 2008 untuk bisnis tenda dekorasi ditarget pada angka kenaikan 15% s/d 20% dari angka penjualan tahun 2007.
Sisi marketing tenda dekorasi sudah di-set up lebih variatif dan dinamis, dan perubahan tersebut mulai dirasakan pada triwulan akhir 2007, sehingga untuk tahun 2008 optimis lebih baik dari pada tahun 2007.
Tahun 2008 mulai dicoba pembukaan cabang baru bisnis tenda dekorasi di luar wilayah Jabodetabek.
Prospek cukup bagus mengingat life style a’la Metropolitan sudah menular di beberapa kota besar di pulau Jawa.

Sedangkan untuk proyeksi bisnis pondokan di tahun 2008 masih sama dengan pendapatan di tahun 2007.
Stagnanasi di tahun 2008 disebabkan karena faktor “over supply” kamar pondokan di Yogya serta menurunnya jumlah masyarakat yang berminat kuliah di Yogya.
Beberapa faktor turunnya minat kuliah di Yogya, antara lain : biaya pendidikan yang mahal, biaya hidup di Yogya tidak murah lagi, perguruan tinggi ternama mulai membuka afiliasi di kota2 besar di Indonesia, semakin menjamurnya perguruan tinggi swasta di kota2 Kabupaten… dsb… dsb…

Sedangkan proyeksi 2008 untuk bisnis lainnya masih perlu dirembug lagi dengan para partner bisnis masing2.

Peluang bisnis baru yang akan digarap di tahun 2008 akan lebih banyak berkolaborasi dengan rekan2 dari komunitas TDA, sebagai wujud komitmen diri yang sudah dicanangkan sejak semester II tahun 2007.
Jenis bisnis baru yang direncanakan masih dalam skala UKM sekaligus sebagai pembelajaran diri dalam setting sistem korporasi partnership dan mengaktualisasikan falsafah “memberi dan melayani… !!”

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

4 thoughts on “Rencana tahun 2008.”

  1. Blog pak Bams ini selalu menjadi prioritas utama setiap kali saya mulai buka komputer.
    Banyak pembelajaran yang selalu saya peroleh dari tulisan dan pengalaman2 pak Bams, anda memang luar biasa prima!.

    Semoga rencana kerja tahun 2008 betigaklaten akan tercapai sesuai sasaran, syukur2 malah bisa melebihi target.
    Saya yakin, dengan performa yang anda miliki dan kerjasama crew yang solid rasanya target pak Bams akan tercapai dengan mulus!

    Selamat berkarya bro!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s