CEFE Training – Day 2

family31.gif

Hari kedua pelatihan CEFE, Selasa 6 November 2007, diisi dengan serangkaian materi “brain storming”, yakni kombinasi metode games interaktif, lecture dan diskusi kelompok.

Setiap sesi pelatihan selalu heboh dan fun abizz, karena setiap kali games interaktif digelar selalu didapat suatu pencerahan yang bermakna di dalam perilaku bisnis kita.
Sungguh suatu metode pelatihan yang menggembirakan, di mana kita diajak bermain dalam suatu permainan yang menggambarkan proses atau siklus bisnis.
Dari permainan tersebut dapat dianalisis berbagai kelemahan management bisnis skala UKM dan diajarkan bagaimana mengatasi problema tersebut.

Topik utama materi pelatihan hari kedua adalah “kreativitas” dalam berbisnis, yang dikenal dengan metode SCAMPER, yakni : Substitute, Combine, Amplify, Minify, Put to other use, Eliminate dan Re-arrange.

Kreativitas selalu dianalogikan dengan “otak kanan”, di mana kita dibimbing untuk membuka pikiran (open mind) untuk dapat “melihat sesuatu” yang tidak terlihat oleh orang lain.

Dan dari kreativitas itulah akan muncul gagasan atau ide suatu produk/jasa yang akan membuat lompatan quantum dalam bisnis kita, bahkan cenderung pada ide2 “gila” menurut pandangan orang biasa, ataupun pakem2 yang sudah lama menjadi “kebiasaan” masyarakat pada umumnya.

Suatu kreativitas hendaknya mencakup hal2 : ide yang lebih baik dan lebih memudahkan manusia, ciptakan sebanyak mungkin ide, abaikan cara2 lama yang membelenggu jiwa dan pikiran, mampu menerima pendapat orang lain, mencatat semua ide yang didapatkan, serta selalu “semangat” dalam menjalani kehidupan.

Materi pelatihan yang lainnya adalah belajar mendiagnosis bisnis masing2 dengan instrumen analisa SWOT (Strength, Weakness —> sebagai faktor Internal dan Opportunity, Threat —> sebagai faktor External).
Untuk memperbaiki kinerja bisnis, maka solusi atas faktor2 tersebut di atas adalah :
* unsur Strength (Kekuatan) ditingkatkan
* unsur Weakness (Kelemahan) dihilangkan
* unsur Opportunity (Peluang) dieksplorasi
* unsur Threat (Ancaman) dihindari

Satu hal yang membuat tergelitik, istilah SWOT dimudahkan dengan istilah bahasa Jawa KEKEPAN (= berpelukan, red), yakni ‘KE’ kuatan, ‘KE’ lemahan, ‘P’ eluang, ‘AN’ caman… He… he… he… ada2 saja nih !!!

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

2 thoughts on “CEFE Training – Day 2”

  1. @mas Ramli,
    Ternyata “balung tuwo” mempengaruhi endurance selama mengikuti pelatihan CEFE… he..he.. he..
    Masta…keep entrepreneur spirit !!

    Bams Triwoko.

  2. Pak Bams, pokoknya saya ikut metik hasil CEFE training melalui blog sampean.
    Tak doakan semoga selalu sehat, stamina terjaga supaya sharingnya lancar hehehe…
    Sukses selalu yo pak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s