CEFE Training – Day 5 (complete)

tda-at-cefe-r.jpg  TDA’ers Joglo ikut pelatihan CEFE

Hari ke lima, 9 November 2007, merupakan hari terakhir pelatihan CEFE dan tiba saatnya setiap peserta membuat makalah atas semua materi pelatihan, yang dirangkum dalam mendiagnosis perusahaan masing2 peserta.

Saya mendapat kesempatan dan kehormatan untuk memaparkan makalah diagnosis kesehatan perusahaan Betiga Klaten di hadapan para tamu yang berasal dari Bank Indonesia, GTZ Jerman serta para trainers CEFE.

Secara garis besar makalah diagnosis kesehatan perusahaan terdiri atas :

1. Profil usaha, yang berisi sejarah singkat perusahaan, kategori jenis usaha yang dijalankan serta legalitas perusahaan.

2. Posisi usaha, yang menjelaskan perusahaan sedang dalam taraf pertumbuhan, yang dapat diidentifikasi dari problema khas yang sedang dialami oleh perusahaan, yakni problema operasional, pendanaan/modal kerja serta alokasi waktu pemilik perusahaan yang belum efektif.

3. Diagnosis usaha, yang memaparkan rasio-rasio keuangan sebagai instrumen diagnosis usaha. Instrumen yang selalu digunakan oleh institusi perbankan untuk menilai kelayakan usaha suatu perusahaan yang mengajukan permohonan pendanaan/kredit modal kerja.

4. Prioritas perbaikan, mencakup rencana jangka pendek untuk perbaikan bagian2 yang sudah dapat diidentifikasi kelemahannya.

5. Analisa SWOT, mengungkapkan sisi internal perusahaan dari sudut “Kekuatan/Strength”, “Kelemahan/Weakness”, serta sisi external perusahaan dari sudut “Peluang/Opportunity” dan “Ancaman/Threat”.

6. Strategi berdasarkan prioritas, memaparkan langkah-langkah yang akan dijalankan perusahaan terhadap hambatan/problema yang dialami.

Pelatihan CEFE yang dahsyat ini, meskipun dilaksanakan selama 5 hari non stop, terasa  selesainya cepat sekali, seperti baru kemarin saja dimulainya.

Materi pelatihan yang seabreg pasti akan lebih heboh apabila dilaksanakan dalam 10 hari, karena banyak games interaktif yang tidak diberikan kepada peserta karena keterbatasan waktu pelatihan.

Kebersamaan selama 5 hari ternyata membawa silaturahmi mendalam di antara para peserta, terlebih di saat acara perpisahan…. kami larut dalam rasa haru mendalam.

Jabat dan peluk erat di antara kami membuktikan jalinan sedulur di antara peserta pelatihan yang luar bisa prima…. saya sungguh terharu !!

Kepada semua sedulur pelatihan CEFE di Trangsan… mari bersama TDA Joglo kita jalin kolaborasi bisnis untuk mengangkat eksistensi UKM…. Amin.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

2 thoughts on “CEFE Training – Day 5 (complete)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s