UMS Solo… We’re coming !!

 

action.jpghatta-action-r.jpgnarsis-r.jpg

Akhirnya perhelatan akbar off-line wadya bala TDA Joglo, yakni acara Goes To Campus UMS terlaksana pada hari Sabtu, 24 November 2007, di kampus UMS Solo.

Meskipun TDA Joglo baru pertama kali menyelenggarakan acara Goes To Campus,  namun secara keseluruhan acara tersebut sukses. Di samping juga ada beberapa catatan yang harus diperbaiki wadya bala TDA Joglo untuk event sejenis berikutnya.

Acara dimulai dengan pemaparan tentang sejarah komunitas TDA oleh founder TDA Joglo, mas Budi Prajitno.

Selesai pemaparan dari founder, ruangan GOR UMS langsung digebrak mentor TDA Joglo dengan gerakan ritmik yang meriah dan heboh, yakni gerakan tangan kanan dan kiri membentuk putaran berupa lingkaran ke depan dan ke belakang… gerakan dibuat bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri.

Seperti sudah diduga sebelumnya… pasti banyak peserta yang membuat kekeliruan gerakan tangan yang terbalik-balik… antara kanan dan kiri… antara depan dan belakang… he.. he.. he..
Irama ritmik menghentak mampu membangkitkan semangat peserta dan tidak mengantuk lagi, maklum siang hari jam 13.30.
Inilah kehebatan metode pelatihan dengan games interaktif, yang mampu mengaduk-aduk emosi peserta workshop, dan di balik semua kehebohan tersebut terdapat pembelajaran yang luar biasa, yakni melatih perpaduan otak kanan dan otak kiri… !!!

Kemudian dilanjut dengan acara games interaktif “Dart Market” yang diikiuti oleh 6 kelompok @ 10 mahasiswa.
Games yang sarat dengan permainan bisnis sesungguhnya, yakni merebut pasar dengan strategi yang tepat agar menang, di samping juga dituntut kecepatan dalam mengambil keputusan atas tawaran produk, di mana produk dikemas dalam variasi beberapa harga dan berupa paket.

Strategi marketing yang tepat dan akurasi dalam melempar produk akan menghasilkan Sales yang tinggi, sehingga akan menghasilkan profit yang tinggi pula dan… pasti menjadi juara dalam games interaktif tersebut.
Puncak dari games ini adalah pada saat rombongan Salesman dari semua kelompok (rata-rata 6 orang per kelompok) melempar produk permen ke pasar yang divisualisasikan berupa kotak karton.
Permen yang masuk kotak karton dihitung sebagai Sales. Dan karena berebut pasar, banyak permen yang tidak masuk kotak karton. Inilah inti pelajaran dari games Dart Market… peserta harus akurat memasukkan produk ke kotak karton, agar mampu menggenjot Sales sebanyak mungkin.

Begitu games pertama selesai… acara diselingi dengan break Sholat… namun sayang sekali ketika sesi kedua dimulai peserta acara Goes To Campus berkurang banyak, dari semula 124 mahasiswa di sesi pertama, tinggal 27 mahasiswa di sesi ke dua.
Akhirnya games interaktif sesi ke dua tidak dapat dilaksanakan karena terbatasnya waktu yang disediakan pihak FE UMS dan acara diganti dengan mentoring bisnis kepada para mahasiswa.

Banyak pelajaran yang diperoleh pada pergelaran tersebut, sehingga menimbulkan passion luar biasa, agar dapat lebih banyak lagi menebar rahmat kepada masyarakat, khususnya kepada para mahasiswa yang berminat terhadap entrepreneurship.

Saya masih terkesima pada tatapan mata para mahasiswa yang tak berkedip saat mentoring bisnis, seakan tak mau kehilangan sedetikpun informasi dan kiat2 bisnis yang sedang dipaparkan.
Usia yang pas untuk menanamkan spirit entrepreneur yang berlandaskan etika, semangat bisnis yang dilandasi dengan hati yang ikhlas.
Usia yang sudah cukup mampu untuk mencerna filisofi bisnis yang bermartabat, yang selalu dibalut dengan akuntabilitas tata kelola perusahaan (good corporate governance).

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s