Optimalisasi Potensi Diri.

d-9.jpgd-3.jpg 

Aktivitas off-line yang padat mengakibatkan seminggu lebih tidak nge-blogging… ada rasa kangen untuk menyapa hangat sekaligus rasa bersalah kepada para pembaca blog yang budiman.

Salah satu aktivitas yang dijalani adalah menghadiri pelatihan motivasi dari kang Yusef Hilmi , pelatihan yang mengusung tema “Optimalisasi Potensi Diri”.

Acara dihadiri oleh 32 orang TDA’ers dan diprakarsai oleh sedulur-sedulur TDA Joglo Solo Raya. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Studio 19 Kampus STSI Solo, pada hari Minggu 23 Maret 2008, dari jam 10.00 sampai dengan jam 17.00.

Pelatihan tersebut dipandu oleh kang Yusef Hilmi dengan ciamik, yang mempunyai tajuk misi utama “Menjadikan kehidupan yang lebih baik”.
Terima kasih kang Yusef Hilmi… atas semua pencerahan ini…. anda memang luar biasa !!!

Intisari materi pelatihan sebagai berikut :

1. Mengenali sumber daya yang dimiliki setiap manusia yang diperlukan untuk meraih sukses, yakni : Waktu, Badan (Panca Indera) dan Otak.

Diperlukan kemampuan untuk merencanakan, mengelola dan mengendalikan waktu, yang nantinya akan menentukan hasil yang akan didapatkan.

Sumber daya badan apabila digunakan dan dipakai secara efektif akan membantu dalam meraih tujuan yang diinginkan. 

Ketika otak manusia menetukan suatu hal sebagai tujuan, maka secara otomatis sistem syaraf pada panca indera akan mengarah pada hal tersebut. Ini yang disebut mekanisme kontrol otomatis.

2. Kunci perubahan untuk pengembangan diri, yakni : Cara berpikir berupa Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar, Visualisasi dan Afirmasi.
Apabila ingin mengubah suatu perilaku atau hasil dalam kehidupan, maka harus diawali dengan merubah cara berpikir.

3. Keyakinan pada tingkat optimal, agar mampu melakukan hal yang luar biasa. Keyakinan akan mempengaruhi perkembangan Program Emosi, yakni kumpulan semua keputusan yang dibuat sejak kecil tentang diri sendiri dan orang lain.
Keterbatasan terbesar manusia adalah keterbatasan yang diciptakannya dalam benaknya sendiri. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi sukses.

4. Mengambil keputusan untuk menetapkan : Tujuan Hidup dengan spesifik dan terukur, Bergairah dan menggembirakan, serta bersifat Lompatan untuk mendapatkan hasil yang besar.

Tanpa sesuatu yang menjadi fokus, maka keputusan dan tindakan yang diambil setiap harinya tidak akan memiliki arah jangka panjang, dan tidak akan menghasilkan sesuai yang diharapkan.
Tanpa sebuah arah akan terjebak pada rutinitas jangka pendek, serta akan terjebak pada kondisi stres dan monoton.

5. Perbaikan potensi pribadi secara berkesinambungan, serta menanamkan tujuan tersebut ke pikiran bawah sadar.

Perubahan adalah kekuatan paling dahsyat dalam masyarakat sekarang ini. Banyak orang takut dengan perubahan, dan hanya orang hebat yang justru merangkulnya.

Hanya mereka yang membuka pikirannya untuk konsep-konsep baru yang akan selalu bergerak ke tingkat prestasi dan kesempurnaan yang tinggi.

Bekerja keras untuk memperbaiki pikiran, tubuh dan semangat. Lakukan hal-hal yang ditakuti. Mulailah hidup dengan energi dan semangat tanpa batas.

6. Melayani orang lain dengan berbagai cara, yakni ketika memperbaiki kehidupan orang lain, maka secara tidak langsung akan memperbaiki kehidupan diri sendiri.
Kualitas kehidupan ditentukan oleh kualitas kontribusi diri sendiri kepada orang lain. Dan hal paling mulia yang dapat dilakukan adalah memberi dan melayani kepada orang lain.

7. Jangan menunda dan segera bertindak, sambut kesempatan baik pertama yang datang hari ini, karena semua yang besar dibangun dari hal-hal kecil yang menjadi komponen pembentuknya.

Menunggu waktu yang tepat untuk memulai sesuatu yang telah lama dipikirkan akan menjadi sebuah pemborosan waktu, karena waktu yang tepat itu tidak akan datang.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

1 thought on “Optimalisasi Potensi Diri.”

  1. kalau kita padukan dengan realita masyarakat, apakah yang bisa kita lakukan untuk menggali potensi masyarakat itu sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s