Analisa SWOT bisnis distribusi.

Untuk menjawab pertanyaan tentang analisa SWOT dari beberapa pembaca blog, berikut ini dipaparkan kembali garis besar analisa SWOT bisnis distribusi Aqua Danone dan LPG Pertamina.

Saya kurang memahami kaidah analisa SWOT yang sesuai dengan pakem akademis, karena keterbatasan edukasi formal saya.

Apa yang dipaparkan di bawah ini merupakan evaluasi atas kinerja perusahaan pribadi setelah mendapat pelatihan CEFE yang diselenggarakan oleh GTZ Red dan Bank Indonesia, dengan topik “Growing SME’s” bulan November 2007 lalu.

Berdasarakan paper work selama Pelatihan, sebelum dibuat analisa SWOT terlebih dahulu dilakukan diagnosis Posisi Usaha dan Prioritas perbaikan Perusahaan, kemudian disajikan analisa SWOT sebagai berikut :

1. Strength :

1.1. Penjualan produk relatif mudah, karena brand/merk Aqua dan Pertamina sangat kuat dan menguasai pangsa pasar AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) dan LPG.

1.2. Perusahaan merupakan pelopor jenis usaha yang menggabungkan jasa distribusi dua macam produk sekaligus, yakni produk Aqua Danone dengan LPG Pertamina.

1.3. Salesman Perusahaan dapat diandalkan dan sudah teruji selama 5 tahun.

1.4. Kualitas pelayanan kepada pelanggan memuaskan.

2. Weakness :

2.1. Ketergantungan pasokan pada satu pemasok, sehingga apabila terjadi keterlambatan pasokan produk akan mengganggu operasional perusahaan.

2.2. Pada saat Perusahaan mulai berkembang mengalami kekurangan modal kerja, sehingga tidak dapat melaksanakan sistem Iron Stock (Persediaan Minimum).

3. Opportunity :

3.1. Peluang untuk menaikkan strata keagenan menjadi Distributor Aqua Danone dan Agen LPG Pertamina

3.2. Peluang untuk menjadi Agen LPG Pertamina kemasan 3 kg yang baru saja di-launching Pertamina sebagai produk konversi pengganti Minyak Tanah.

3.3. Jaringan ratusan outlet pelanggan dapat dieksplorasi untuk menjual produk selain Aqua Danone dan LPG Pertamina.

3.4. Saat ini perusahaan bidang jasa distribusi mendapat prioritas kucuran Kredit Modal Kerja dari Perbankan Indonesia.

4. Threat :

4.1. Persaingan yang tajam di antara sesama Sub Distributor Aqua Danone dan Sub Agen LPG Pertamina.

4.2. Pencabutan ijin Sub Distributor Aqua Danone apabila melakukan pelangaran peraturan-peraturan keagenan.

Dari paparan analisa SWOT tersebut di atas, kemudian dibuat Strategi berdasarkan Prioritas untuk Rencana bagi Pertumbuhan Usaha yang akan di-sharing dalam posting berikutnya.

Semoga bermanfat dan sekaligus jawaban bagi pembaca blog yang menanyakan analisa SWOT. Terima kasih.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

5 thoughts on “Analisa SWOT bisnis distribusi.”

  1. untuk analysis swotnya saya rasa masih kurang baik.mungkin bisa lebih spesifik lagi contohnya dibagian threat anda mengatakan “Persaingan yang tajam di antara sesama Sub Distributor Aqua Danone dan Sub Agen LPG Pertamina” mungkin saya pikir anda sebaiknya menuliskan apa yang dilakukan oleh pesaing dalam persaingan tersebut. threat adalah baik jika kita menuliskan apa yg dilakukan oleh seseorang atau dalam kata lain pesaing.andai kata mereka bersaing secara ketat,mungkin anda lebih baik menuliskan pesaing menetapkan diskon atau promosi dibandingkan bersaing secara ketat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s