Karakter pengusaha.

Secara garis besar karakter pengusaha menurut pakem literature sebagai berikut :

1. Mempunyai rasa percaya diri yang kuat, yakni tercermin dari sifat mandiri alias tidak tergantung pada orang lain, berkepribadian yang kokoh serta selalu yakin dan optimis.

2. Fokus serta berorientasi pada job dan hasil, hal ini tampak pada pribadi yang haus akan prestasi, selalu tekun dan tabah, energik serta penuh inisiatif.
Memiliki tekad, motivasinya kuat dan suka bekerja keras tidak kenal waktu. Karakter tersebut untuk meraih orientasi pada profit (hasil).

3. Berani mengambil risiko dan piawai dalam mengelola risiko bisnis, serta menyukai tantangan.

4. Leadership menonjol, yang ditandai dengan kemampuan memimpin sekelompok tim, gemar bergaul dengan orang lain, serta tidak alergi terhadap saran dan kritik konstruktif.
Berani mengakui kekurangannya, selalu terbuka dengan hal-hal baru (open mind).

5. Idea yang dimunculkan selalu orisinil, karena dipenuhi karakter inovatif (pembaharu), berpikiran kreatif, selalu fleksibel dalam bertindak.
Mempunyai banyak sumber informasi, mayoritas mumpuni/serba bisa dalam aspek bisnis, serta mempunyai knowledge yang beragam.

6. Selalu berorientasi ke masa depan dan pikirannya selalu begerak dinamis.

Dari pengalaman pribadi sebagai pengusaha, pada saat start up bisnis, tidak semua karakter tersebut saya miliki dengan skor tinggi, ada beberapa karakter yang masih dalam proses pembentukan.

Proses pembentukan karakter baru yang harus dilalui dengan berjalan tertatih-tatih, penuh kerikil tajam dan jatuh bangun beberapa kali.

Pada praktek kehidupan sehari-hari, karakter-karakter tersebut dapat dibentuk, yakni dengan cara mulai dilatih sejak dini dengan serius, tekun dan tabah menghadapi “cobaan”.

Dan hebatnya…. seiring dengan berjalannya waktu, proses pembentukan karakter akan muncul otomatis tanpa kita sadari.

Yupp… apabila sudah rajin berlatih dan belajar mengasah karakter-karakter pengusaha, bersiaplah apabila kelak anda akan selalu merasa self confidence, result oriented, risk taker, the leader, innovative dan future oriented.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

1 thought on “Karakter pengusaha.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s