Less cash society.

Majalah Business Week (edisi Indonesia), nomor 16 tanggal 25 Juni 2008, mengulas tentang ekonomi dunia yang memasuki revolusi menuju less cash society.
Dan sekarang ini fenomena tersebut sudah merambat ke Indonesia.

Fenomena finansial menarik dalam tahun 2008 ini adalah pergerakan menuju less cash society , yang mulai terasa gaungnya.

Hal ini terbukti, bank-bank Nasional dan perusahaan telekomunikasi mulai mengimplementasikan konsep “dompet elektronik” sebagai alat pembayaran transaksi retail (micro payment, pembayaran bernilai kurang dari Rp 100.000,-).

Transaksi retail yang mulai eksis antara lain : tiket busway di Jakarta, gerai fast food, SPBU Pertamina, pengisian pulsa telpon seluler, SMS Banking, dll.

Pangsa pasar micro payment yang bakal diperebutkan perbankan paling tidak mencapai Rp 113 triliun (hmm… bisnis yang gurih nih !!), di mana pada saat ini 77 % transaksi retail masih dilakukan secara cash.

Apabila suatu bank dapat menjadi pemain utama dalam layanan dompet elektronik, dapat dipastikan jumlah nasabah dan uang yang disimpan di bank tersebut akan bertambah secara signifikan.

Apalagi masih ditambah dengan pendapatan fee yang didapat bank atau perusahaan telekomunikasi dari transaksi pembayaran secara elektronik.

Hambatan utama implementasi dompet elektronik adalah belum adanya standardisasi alat EDC (Electronic Data Capture), sehingga alat EDC yang dipakai sebuah bank belum tentu sesuai dengan bank yang lain.
Dan memang, sekarang ini belum ada standardisasi alat EDC dari Bank Indonesia.

Eksistensi kemajuan teknologi akan membuat bola salju dalam perkembangan implementasinya… semakin lama akan semakin cepat.
Welcome “less cash society” .

 

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

1 thought on “Less cash society.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s