Analisa SWOT sebagai strategi bisnis.

Berikut saya rangkum jawaban pertanyaan dari beberapa pembaca blog tentang Analisa SWOT bisnis distribusi produk Aqua Danone dan LPG Pertamina.

Menyadari kemampuan akademis yang kurang memadai, maka jawaban yang diberikan mengacu pada pengalaman pribadi ketika mengikuti pelatihan CEFE (Competency based Economies through Formation of Enterprise), yakni saat diwajibkan menyajikan diagnosis kesehatan perusahaan yang dikelola.

Analisa SWOT merupakan kajian berbagai faktor secara sistematis untuk menentukan strategi pengembangan perusahaan.

Analisa SWOT dilandasi logika agar dapat mengoptimalkan “Kekuatan” (Strength) dan “Peluang”  (Opportunity), dan pada saat yang bersamaan dapat meminimalkan “Kelemahan” (Weakness) serta “Ancaman” (Threat).

Faktor yang berasal dari Internal Perusahaan adalah : Strength dan Weakness, sedang faktor yang berasal dari Eksternal Perusahaan adalah : Opportunity dan Threat.

Saat ini pengembangan perusahaan diselaraskan dengan Analisa SWOT yang dibuat pada saat pelatihan CEFE tersebut, antara lain :

1. Kelemahan modal kerja diatasi dengan penambahan plafon Kredit Modal Kerja (KMK) dari Bank, dan KMK yang diambil untuk pembiayaan modal kerja adalah KMK jenis Revolving.

2. Keterlambatan pasokan produk Aqua Danone jarang terjadi, karena saat ini produk dikirim langsung dari Pabrik serta pembuatan DO (Delivery Order) berlaku untuk satu bulan.

3. Pasokan LPG Pertamina sebelumnya tergantung pada dua Agen saja, untuk saat ini sudah ada penambahan tiga Agen, sehingga  total menjadi lima Agen pemasok LPG Pertamina.

4. Untuk menghadapi ancaman persaingan bisnis, maka pelayanan dan kecepatan pengiriman produk kepada Customer lebih ditingkatkan.

5. Peluang ekstensifikasi penjualan produk sudah dilaksanakan, yakni terhitung 1 Juni 2008 sudah menjadi sub Agen LPG Pertamina kemasan 3 Kg (konversi minyak tanah).

Dengan menggunakan Analisa SWOT yang sederhana dan tidak rumit, ternyata perusahaan dapat berkembang dengan baik.
Semoga bermanfaat bagi pembaca blog yang budiman.

 

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

1 thought on “Analisa SWOT sebagai strategi bisnis.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s