Dampak kenaikan harga BBM.

Bulan Juni 2008 merupakan ujian yang memerlukan kreativitas dalam menjalankan bisnis distribusi produk Aqua Danone dan LPG Pertamina, karena bisnis dikepung problema dari berbagai sisi.

Sebagai penyulut problema adalah kenaikan harga BBM sebesar 30 % dan berdampak langsung terhadap biaya operasional kendaraan bermotor, yang mana kendaraan bermotor merupakan tulang punggung bisnis distribusi.

Di samping kenaikan harga BBM tersebut, harga pembelian ban dan suku cadang langsung terkerek naik antara 15 % s/d 20 %, …suatu problema yang dilematis !!

Di satu sisi biaya pemeliharaan kendaraan bermotor mulai meroket, di sisi yang lain margin yang diperoleh kian tergerus dengan kenaikan biaya pemeliharaan tersebut.

Problema lainnya adalah tersendatnya pasokan LPG Pertamina kemasan 12 Kg dari Agen, padahal harga LPG Pertamina kemasan 12 Kg sudah dinaikkan Pertamina sebesar 40 %.

Informasi yang diperoleh dari Agen, DO untuk LPG Pertamina kemasan 12 Kg memang dibatasi ( lho… ??? ).

Alhamdulillah, pencapaian Penjualan bulan Juni 2008 untuk produk Aqua Danone dan LPG Pertamina tidak mengalami penurunan yang signifikan, meskipun dilanda beragam problema akibat kenaikan harga BBM.

Faktor yang menyelamatkan Penjualan bulan Juni 2008 adalah program promosi beberapa produk Aqua Danone yang digelar oleh Principal.

Di samping itu juga faktor cuaca yang sudah memasuki musim kemarau, sehingga volume penjualan produk Aqua Danone mengalami kenaikan.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s