Refleksi bisnis tahun 2009.

Pergerakan bisnis di tahun 2009 banyak berubah dan tiba saatnya untuk membuat evaluasi, sebagai refleksi kiprah pribadi selama setahun terakhir ini.

Secara umum refleksi bisnis dapat diikhtisarkan sebagai berikut :

a. Beberapa bulan di awal tahun 2009 kinerja perusahaan induk mengalami kontraksi, akibat krisis global yang menurunkan daya beli masyarakat, sehingga penjualan sempat anjlok sampai 30%.

b. Ujian bisnis semakin komplit, yakni adanya kesalahan strategi investasi di beberapa bidang bisnis baru, yang dirintis bersama beberapa mitra bisnis, dan pada akhirnya kolaborasi tersebut dibekukan aktivitasnya.
Menyikapi peristiwa ini, saya lebih nyaman dengan istilah : salah satu “proses” pribadi menuju wirausaha sejati.

Dua hal tersebut di atas sempat mengakibatkan kesulitan likuiditas yang cukup signifikan, serta memerlukan penanganan yang khusus dan menguras energi.

Alhamdulillah, medio tahun 2009 bisnis utama mulai menggeliat dan kinerja perusahaan induk secara perlahan menapak naik terus sampai akhir tahun 2009.

Tak dapat dipungkiri, perbaikan kinerja perusahaan didukung oleh fasilitas kredit modal kerja yang dikucurkan oleh salah satu bank nasional papan atas.

Kesimpulan :
1. Sebagai wirausaha harus selalu siap untuk “berubah”, tegar menjalani “proses” dan ikhlas “belajar” setiap saat.

2. Saya selalu yakin, bahwa setiap “proses” yang dijalani merupakan indikator bakal adanya kenaikan kinerja bisnis.
Dan ketika menjalani “proses” tersebut memang terasa tidak nyaman di hati, namun itulah risiko yang harus dikelola oleh wirausaha.
Kelak risiko tersebut sepadan dengan kinerja yang diraih perusahaan dan pencapaian pribadi dalam mengaktualisasikan falsafah hidup “memberi dan melayani”.

3. Diperlukan suntikan modal kerja pada saat terjadi kesulitan likuiditas, agar perusahaan yang dikelola dapat berjalan di jalur yang sehat dan dapat tumbuh kembang sesuai yang diharapkan.
Suntikan modal kerja dapat berasal dari : setoran modal sendiri, mendapatkan investor baru, atau yang paling populer adalah mengajukan aplikasi  permohonan fasilitas kredit modal kerja dari institusi perbankan.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s