Strategi menjadi agen Aqua Danone (2).

Armada distribusi AQUA Gallon
Armada distribusi AQUA Gallon

Artikel di blog tentang keagenan produk Aqua Danone merupakan pengalaman pribadi selama menjalankan bisnis sebagai Sub Distributor (strata SO – Star Outlet) dari PT Tirta Investama.

Mohon maaf apabila ada beberapa pertanyaan dari pembaca blog tidak dapat dijawab, karena keterbatasan berikut :

1. Informasi yang dimiliki.
2. Hal-hal yang berkaitan dengan kewenangan dari Principal (PT Tirta Investama) ataupun Distributor.
3. Pengetahuan akademis dan tingkat pendidikan yang dimiliki, yakni ketika menulis artikel (yang kurang ilmiah) tentang : evaluasi kinerja keagenan, kajian pemasaran, analisa bisnis distribusi, dll.
4. Waktu dan kesempatan yang dimiliki, sehingga tidak dapat “on line” setiap saat.

Last but not least, saya akan memberikan “sharing” terbaik untuk pembaca blog, sepanjang ada waktu / kesempatan untuk menulis artikel, serta sebatas pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki.

Blog ini ditujukan kepada pembaca yang ingin menjadi pengusaha, tetapi belum ingin meninggalkan statusnya sebagai karyawan.

Perlu digaris bawahi, bahwa profesi wirausaha dan akfifitas bisnis bukan sesuatu yang “instant”, namun :

1. Merupakan “proses” dan memerlukan waktu yang berkesinambungan
2. Memerlukan kerja keras dan cerdas
3. Mengelola dan berani mengambil risiko.

Kabar baiknya, hasil yang diperoleh akan sepadan dengan tingkat risiko yang ditanggung dan dikelola dengan baik.

Berikut merupakan re-posting dari beberapa artikel yang telah diterbitkan dan telah diedit seperlunya, serta disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Intisari strategi mengelola bisnis agen Aqua Danone, agar dapat “surrvive” dalam menghadapi persaingan, sebagai berikut :

Untuk memulai bisnis sebagai agen Aqua, disarankan mulai dari strata WS (Whole Seller), dengan pertimbangan :

1. Dana untuk investasi relatif tidak terlalu besar, sehingga risiko bisa diminimalkan.
2. Kontrol bisnis relatif belum begitu kompleks, karena kontrol masih dapat dilakukan setelah pulang dari kantor (pekerjaan utama).
3. Di awal bisnis untuk mendapatkan pelanggan yang loyal agak susah, sehingga kalau sudah ada target volume pengambilan produk (asumsi : apabila memulai bisnis langsung ke strata SO), akan membuat kepala pusing dikejar target.

Catatan :
Banyak pertanyaan yang pada intinya menginginkan pada saat “start up” mendapatkan harga produk yang murah.
Sementara itu pada hakekatnya harga produk selalu mengikuti skema :

1. Jumlah/volume produk dalam 1 (satu) nota pembelian
2. Frekuensi pembelian produk per minggu dan per bulan
3. Target pembelian/pengambilan produk dalam satu bulan
4. Dan seabreg aturan lainnya (mempunyai armada, gudang, area pemasaran, dll) yang harus dipahami dan ditaati sebagai agen.

Strategi dalam menjalankan bisnis :

1. Terapkan konsep “Delivery Service”, yakni pelanggan cukup memesan produk via telpon/SMS/YM/Chatting dan pesanan produk tersebut diantarkan ke lokasi/tempat tinggal/domisili pelanggan.
Kecepatan dan kualitas pelayanan dalam mengantarkan produk merupakan kunci penting dalam mendapatkan pelanggan yang loyal.

2. Untuk memudahkan pelanggan mengingat perusahaan kita :
2.1. Gunakan nomer-momer cantik untuk nomer telpon PSTN (Telkom) dan nomer Mobile Phone.
2.2. Gunakan “account email” yang mudah diingat untuk YM (Yahoo Messanger)/Chatting (misal : aqua.jogya@yahoo.com)

3. Selain menjual produk Aqua gallon, dianjurkan juga menjual produk Aqua karton, karena kelak memudahkan untuk ditunjuk sebagai agen dengan strata SO.

4. Untuk optimalisasi kapasitas armada dan meningkatkan penjualan, disarankan juga melayani penjualan LPG Pertamina, karena mayoritas pelanggan Aqua juga menggunakan produk LPG.

Informasi lainnya :

1. Saat ini untuk pasokan produk Aqua (strata WS) dilaksanakan oleh Distributor atau Sub Distributor (strata SO).
Sedangkan Depo PT Tirta Investama (Principal) tidak memasok produk lagi kepada Agen dengan strata WS.

2. Informasi lebih detil tentang keagenan Aqua berikut harga produk berdasarkan strata Agen, dapat ditanyakan kepada Kantor Pusat PT Tirta Investama, atau Depo-depo PT Tirta Investama yang berada di beberapa kota besar di Indonesia.
Daftar alamat dan nomor telepon sudah diposting dengan judul artikel : “Informasi lengkap Agen Aqua Danone” pada tanggal 20 Maret 2010.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

14 thoughts on “Strategi menjadi agen Aqua Danone (2).”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s