Sekolah wirausaha.

Vacation @ Kaliurang, Jogjakarta
Vacation @ Kaliurang, Jogjakarta

Ketika sudah resign sebagai karyawan, pendidikan nyata saya dimulai. Pendidikan riil di universitas kehidupan, langsung praktek bisnis dan mengelola risiko.

Saya menyadari, bahwa pendidikan dan prestasi akademis saya kurang memadai , sehingga saya harus proaktif mengejar ketinggalan ilmu pengetahuan, menambah “jam terbang” dan menjalani proses bisnis dengan konsisten.

Saya segera membaca buku mengenai bisnis, management, keuangan dan leadership. Saya harus belajar banyak dan dengan cepat, karena banyak hal / aspek bisnis yang tidak diketahui .

Kala saya sedang tidak bekerja mengelola bisnis, saya membaca atau belajar, kemudian menerapkan apa yang dipelajari ke dalam bisnis.

Pengalaman kerja (ketika berprofesi sebagai karyawan) seringkali menginspirasi saat berproses menciptakan sistem management, pengelolaan SDM dan budaya perusahaan.

Saya bukanlah wirausaha alami, profesi kedua orang tua adalah guru PNS, sehingga saya hanya mengandalkan proses belajar dan menerapkannya ke dalam bisnis secara terus menerus.

Proses belajar merupakan salah satu kebiasaan terpenting saya dalam mengelola bisnis, maka saya akan dan selalu belajar di sekolah wirausaha dengan konsisten … di sepanjang hidup saya.

Di saat jenuh ataupun mulai merasakan comfort zone wirausaha, saya hanya rehat sejenak untuk masuk pit stop… kemudian masuk lintasan jalur cepat lagi… mulai proses belajar lagi dengan menerapkan strategi baru untuk ekspansi bisnis yang didapat selama pit stop.

Ternyata… tidak ada hari kelulusan ataupun wisuda di sekolah wirausaha.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

