Koperasi Karyawan.

Koperasi Karyawan (Kopkar) Betiga Klaten genap berusia 3 tahun di bulan Juni 2010.
Memang masih belia dalam usia, namun tidak pernah berhenti berinovasi dan mencari terobosan bisnis untuk kesejahteraan anggotanya.

Latar belakang pendirian Kopkar adalah :

  • Media pemelajaran sekaligus aktualisasi karyawan agar menjadi manusia berkarakter mandiri, serta mempunyai semangat wirausaha.
  • Memupuk rasa hormat, kemitraan dan kebersamaan dengan semua anggota Kopkar, yang nota bene anggotanya terdiri dari semua karyawan Betiga Klaten dan pemilik perusahaan.
  • Menyadari bahwa perusahaan telah optimal memenuhi hak normatif karyawan, namun sebagai manusia tentu saja karyawan masih memerlukan kehidupan yang lebih sejahtera.
  • Menggali potensi penghasilan lain, diluar gaji karyawan dan insentif bulanan yang sudah diterima dari perusahaan. Dan aktivitas Kopkar tidak mengganggu jam kerja perusahaan, bahkan menjadi suatu sinergi ciamik dengan perusahaan.

Ruang lingkup usaha Kopkar meliputi :

  • Perusahaan Betiga Klaten menunjuk Kopkar untuk melayani dan mendistribusikan produk SPS (Special Packs, karton) Aqua Danone kepada pelanggan segmen Retail.
  • Melayani simpan pinjam dana untuk anggota Kopkar dengan mengenakan tarip suku bunga yang terjangkau dan di bawah standar suku bunga perbankan pada umumnya.

Sumber permodalan Kopkar berasal dari :

  • Simpanan Pokok, yang dibayarkan karyawan sekali saja, yakni pada saat mendaftar sebagai anggota Kopkar.
  • Simpanan Wajib, yang dibayarkan setiap bulan, yakni dengan cara dipotong pada saat menerima gaji
  • Simpanan Manasuka, simpanan suka rela bagi anggota yang mempunyai kelebihan dana pribadi. Simpanan Manasuka anggota diberi imbal jasa bunga dengan suku bunga yang taripnya di atas suku bunga Deposito perbankan pada umumnya.

Kinerja dan manfaat Kopkar :

Kinerja Kopkar selama 3 tahun adalah pertumbuhan usaha dan struktur finansial yang cepat dan sehat, dapat memenuhi keperluan pokok anggota Kopkar, serta mampu memotivasi dan meningkatkan kebersamaan anggota/karyawan dalam berkarya.
Dalam kurun waktu 3 tahun, Kopkar Betiga Klaten sudah membagikan SHU (Sisa Hasil Usaha) sebanyak 6 (enam) kali.

Sebagai ilustrasi salah satu manfaat Kopkar bagi karyawan :

Perbandingan antara Jumlah Simpanan (Modal) yang sudah dibayarkan anggota, dengan Jumlah 6 kali SHU (Laba) yang sudah diterima anggota adalah = 1 : 12,6 (kinerja ciamik dan luar biasa… !!)

Dengan bahasa yang lebih sederhana, investasi (Simpanan Pokok + Simpanan Wajib) setiap anggota Kopkar menghasilkan keuntungan berupa “uang tunai” (SHU) sebesar 1.269 % selama 3 tahun… alias 35 % setiap bulannya… wow… Isn’t that interesting ??

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

6 thoughts on “Koperasi Karyawan.”

    1. @Asmald,
      Kopkar sebagai wahana belajar karyawan untuk : mengasah jiwa wirausaha, mengenal dan mengelola seluk beluk bisnis, menambah kesejahteraan, melatih team work, dll.
      Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s