Seluk beluk Agen Aqua (3).

Artikel berikut merupakan jawaban kepada pembaca blog yang menanyakan tentang tahapan awal bisnis agen Aqua, pengembangan bisnisnya, sistem bisnis dan lokasi terbaik untuk bisnis agen Aqua.

Pertanyaan :

  • Saya belum pernah terjun ke bisnis agen Aqua, mohon diberikan penjelasan tahapan memulai bisnis agen Aqua serta hambatan yang terjadi dalam bisnis tersebut.
  • Bagaimana caranya supaya bisnis agen Aqua cepat berkembang ?
  • Apa sistem yang tepat untuk menjalankan bisnis agen Aqua ?
  • Dimana lokasi usaha yang terbaik untuk bisnis agen Aqua ?

Jawaban :
Paparan berikut merupakan rangkuman jawaban pertanyaan tersebut di atas, serta merupakan pengalaman pribadi dalam mengelola bisnis agen Aqua Danone, yang berawal dari strata Retail sampai mencapai strata Star Outlet /SO (Sub Distributor).

Banyak strategi /cara dalam mengelola suatu bisnis, sehingga strategi/cara berbisnis agen Aqua yang saya terapkan mungkin menjadi kurang tepat apabila dijalankan oleh orang lain. Faktor penyebabnya antara lain :

  • Perubahan kebijakan distribusi produk dari Principal (ada perbedaan dengan kebijakan distribusi beberapa tahun lalu)
  • Tingkat persaingan antara sesama Agen Aqua Danone maupun dengan Agen AMDK merek lain.
  • Perubahan perilaku pelanggan / konsumen beberapa tahun terakhir ini, yakni semakin kritis dan menuntut kualitas layanan prima dari perusahaan Agen Aqua.

Sharing :
Sekitar 10 tahun lalu saya memilih bisnis agen Aqua karena beberapa alasan, antara lain :

  • Air minum dalam kemasanan (AMDK) merk AQUA sudah dikenal masyarakat, sehingga ketika menjual produk tidak mengalami kesulitan.
  • Setiap hari minum AQUA (agar tubuh sehat) sudah merupakan gaya hidup masyarakat di kota-kota besar, sehingga masyarakat di kota-kota kecil pasti akan meniru gaya hidup tersebut.
  • Masyarakat golongan menengah ke atas (identik dengan kemampuan daya beli produk yang kuat) merupakan pangsa pasar utama produk Aqua.
  • Aqua merupakan barang konsumsi setiap hari, sehingga konsumen akan melakukan beberapa kali pembelian setiap bulannya. Hal ini identik dengan adanya putaran arus kas penjualan setiap hari.
  • Mengusung konsep Delivery Service (pelanggan cukup order via telepon, lalu Aqua dikirim ke rumah pelanggan) dalam melayani pelanggan, agar pelanggan terpuaskan dan melakukan repeat order.
  • Sedangkan lokasi usaha di kelilingi pemukiman masyarakat dan terletak di pinggir jalan yang cukup lebar, sehingga armada light truck milik Principal dapat mengirim produk Aqua dengan kontinyu, lancar dan tanpa hambatan.

Di tahap awal usaha (strata Retail) hanya melayani segmen pelanggan rumah tangga ( pemakai langsung), dan menerapkan konsep Delivery Service, serta hanya melayani pelanggan seluas wilayah 1 (satu) RW di lingkungan tempat usaha.
Kendaraan yang digunakan untuk distribusi pengantaran Aqua adalah sepeda onthel, yang tahun 2000 harganya Rp 70.000,-. (masih ada kwitansi pembeliannya lho.. hehehe…). Pada tahap ini perusahaan hanya memiliki 1 orang karyawan.

Tahap berikutnya ketika memperoleh strata Whole Selller (WS), perusahaan mulai melayani segmen pelanggan: Perkantoran Swasta, Kantor Instansi Pemerintah, Rumah Sakit, Catering, dan Warung Kelontong / Toko kecil.
Ruang lingkup pemasaran : beberapa Kecamatan
Kendaraan yang digunakan untuk distribusi : sepeda motor dan mobil jenis Pick Up.

Pada tahap ini, meskipun masih dalam skala kecil dan berbentuk Perusahaan Perorangan (UD), perusahaan sudah memiliki legalitas antara lain : SIUP, TDP dan NPWP.
Kelak dokumen legalitas tersebut diperlukan saat perusahaan memerlukan pendanaan dari perbankan untuk pengembangan bisnis.

Tahap selanjutnya, pada saat strata Star Outlet diraih, perusahaan mulai melayani segmen pelanggan : Toko Besar/Grosir, Pasar Modern (Mini Market, Super market, Pasar Swalayan)
Ruang lingkup pemasaran : seluruh wilayah Kabupaten.
Kendaraan yang digunakan untuk distribusi : beberapa sepeda motor, beberapa mobil jenis Pick Up, serta beberapa truck jenis Light Truck dan Box.

Mulai tahap awal, perusahaan sudah menggunakan Banking System untuk transaksi keuangan, serta menyelenggarakan pembukuan atas semua transaksi. Setiap bulan dibuat Laporan Keuangan (Neraca, Laporan Laba Rugi dan Laporan Arus Kas).
Sebagai ilustrasi, Laporan Keuangan berguna untuk mengukur kinerja perusahaan, serta sebagai salah satu alat untuk mengambil keputusan / kebijakan perusahaan.

Hambatan yang pernah terjadi antara lain : pasokan produk Aqua terlambat datang di gudang, pabrik Aqua libur / tidak produksi (akibatnya produk Aqua menjadi langka), beragam complain dari pelanggan, kendaraan bermotor rusak / sedang keur, perang harga di pasar (persaingan dengan kompetitor), karyawan tidak masuk kerja, dan… kekurangan modal kerja… ha..ha..ha..ha.. !!!

Demikian rangkuman proses tahapan pengembangan bisnis, pemekaran wilayah pemasaran, serta sistem administrasi dan pelaporan pengukur kinerja perusahaa, juga tentang pemilihan lokasi usaha. Semoga bermanfaat.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

16 thoughts on “Seluk beluk Agen Aqua (3).”

    1. @Santuri,
      Informasi tentang syarat menjadi Agen Aqua strata SO, silahkan menghubungi Koordinator Distributor yg memasok AHS saudara, atau menghubungi Aqua Menyapa 0807-15-88888.
      Terima kasih.

      1. sudah saya hubungin indah permai tapi dari supervisornya disuruh menghubungi investama.dan saya sudah telepon ke aqua menyapa katanya hubungi distributornya(dalam ini indah permai).tolong penjelasannya.gimana ini pak

        1. @Santuri,
          Mohon maaf tidak dapat menjawab pertanyaan anda, karena saya hanya salah satu pelaku usaha Agen Aqua.
          Semoga keluhan anda dapat ditindaklanjuti oleh Aqua Menyapa atau Distributor Aqua yg memasok anda.
          Terima kasih.

  1. Salam Kenal pak Bambang ,mohon info kalo kita mengajukan permohonan menjadi AHS pake badan usahanya koperasi kira” bisa disetujui gak karena selama ini sudah menjalankan home servise…..terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s