Seluk beluk agen Aqua (4).

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembaca blog, antara lain :

  • Apa strategi yang harus digunakan agar omzet penjualan dapat meningkat ?
  • Bagaimana mencapai target yang ditentukan Principal agar strata meningkat ?

Sharing :
Ketika dahulu mengalami kegagalan beberapa bisnis secara beruntun, selalu ada sisi positif yang dapat digunakan untuk bangkit membangun kembali bisnis dengan lebih baik lagi.
Setiap kegagalan mempunyai karakteristik yang berbeda dan merupakan serangkaian “proses” bisnis yang harus dijalani, sehingga tanpa terasa kita menjadi terampil, tekun dan tahan banting di dalam mengelola bisnis.

Salah satu faktor penting yang membuat bisnis tetap eksis adalah “totalitas” hati wirausaha dalam “melayani” semua stake holders bisnis.
Peningkatan kualitas dalam melayani stake holders yang terus menerus (pastinya dilandasi dengan integritas, komitmen dan tanggung jawab) akan membawa dampak peningkatan omzet penjualan.

Memang tidak mudah ketika menjalani proses tersebut di atas, karena seringkali harus menyingkirkan kepentingan pribadi agar dapat melayani stake holders dengan baik.

Beberapa ilustrasi yang membuat hati “tidak nyaman”, namun hati harus tetap gembira, antara lain :

  • Di saat sedang lelap tidur malam, pelanggan telpon agar besok dikirim barang jam 7 pagi.
  • Di musim hujan omzet penjualan selalu turun, sementara stock barang di gudang menumpuk, namun konsekuensi sebagai Sub Distributor harus tetap bersedia menerima pasokan produk dari Principal, agar target yang telah disepakati tercapai.
  • Di saat operasional pengiriman barang sedang tinggi, beberapa karyawan tidak masuk kerja, otomatis distribusi produk kepada pelanggan tersendat dan pastinya panen complain pelanggan.
  • Di bulan puasa menjelang hari raya Lebaran, permintaan pelanggan terhadap produk tertentu cukup tinggi, namun pasokan dari Principal tidak sebanding dengan lonjakan permintaan tersebut, sehingga banyak pelanggan kecewa.

Last but not least, beberapa hambatan tersebut di atas merupakan ujian nyata sebagai wirausaha dan harus mampu mengatasinya dengan baik, yakni dengan… totalitas hati yang tulus untuk “melayani” semua stake holders.

Sahabat kinasih… selamat berproses menjadi wirausaha sejati.. !!

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

11 thoughts on “Seluk beluk agen Aqua (4).”

  1. Pak saya abdul..saya pengen buka usaha AHS gimana caranya ya pak…?di daerah cilincing…daftarnya dimana…?
    Terimakasih…

  2. Salam kenal pak bambang ,saya dari jenawi wilayah saya berada diperbatasan kab. Sragen dan karanganyar, mantap sharingnya pak mohon bimbingan dan supportnya dong pak biar bisa dpt pasokan produk aqua nya ,terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s