Webpreneur, Bisnis Besar Berikutnya

Setelah booming bisnis waralaba yang berlangsung sejak 10 tahun yang lalu, bisnis apa lagi yang berpeluang menjadi besar?
Herman Kwok, Marketing Advisor KASKUS mengatakan, webpreneur atau kewirausahaan di bidang digital akan menjadi bisnis besar beriktnya.

Herman mengungkapkan alasannya. Ia mengatakan,”Saat ini, kita memiliki potensi yang besar di bidang webpreneur itu. Saya pernah keliling di daerah dan menemukan banyak potensi dalam bidang digital. Banyak yang memiliki konsep yang bagus dan tak terpikirkan oleh kebanyakan orang.”

Di samping itu, Herman juga mengungkapkan bahwa bisnis digital ini juga memiliki kekuatan karena senafas dengan jiwa generasi muda yang mendominasi populasi Indonesia. Dunia digital penguasaan informasi, kecepatan, kedinamisan dan kreatifitas dan umumnya dimiliki anak muda.

Memulai menjadikan bisnis digital sebagai hal besar, menurut Herman, sudah bisa dilakukan mulai saat ini. “Infrastruktur di Indonesia sudah bagus. Jasa warnet dan WiFI sekarang juga sudah banyak. Di Yogyakarta misalnya, sewa warnet 5000 rupiah per jam sudah mampu mendapatkan akses yang cepat,” jelas Herman.

Untuk menjadikan bisnis digital ini besar, menurut Herman, yang perlu dilakukan sekarang adalah membuat bisnis digital ini menjadi booming dahulu, seperti yang terjadi dalam bisnis waralaba. Caranya dengan membuat ajang dimana orang-orang yang bermain di bidang tersebut bisa berkumpul, sharing dan mengajak pemain baru.

“Ajang tersebut memiliki beberapa tujuan. Pertama, bisa mengajak orang yang tadinya belum masuk ke dunia bisnis ini untuk menjadi baru. Kemudian, jika orang sudah terkumpul dan terbentuk komunitasnya, orang bisa sharing satu sama lain,” jelas Herman.

Ajang seperti seminar “The Next Big Thing : Invesment in Indonesian Digital Market” yang diadakan di Kempinski Ballroom Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (5/11/2010), menurut Herman, bisa menjadi salah satu ajang tersebut.

“Lewat acara-acara seminar dan kompetisi, pelaku bisnis digital bisa bertemu dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam bisnisnya, seperti para investor yang bisa memberi bantuan dana,” papar Herman yang juga menjadi Comitee Chairman SparxUp 2010.

Jika hal tersebut mampu dimanfaatkan, maka kesuksesan bisnis digital tinggal tergantung pada mindset pelakunya, kemauan untuk membangun bisnisnya.

(Sumber : Kompas.com tanggal 6 November 2010)

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

3 thoughts on “Webpreneur, Bisnis Besar Berikutnya”

  1. Salam Blogger,

    Kontennya sangat bagus dan menarik serta menginspirasi. Ayo.. Dukung Indonesia menjadi WebPrenenur, kerja di rumah dengan menggunakan fasilitas gratisan yang mendapatkan hasil jutaan.

    Bersama ini kami dari ARWUDA INDONESIA sebuah Social Media Agency Marketing Indonesia yang berlokasi di Jakarta Selatan menawarkan PAKET OPTIMALISASI LENGKAP yang memfokuskan pada hasil adalah membuat website banyak yang mengunjungi dan berakhir dengan CLOSING.

    Semoga terjalin hubungan yang saling menguntungkan di kemudian hari. Sukses selalu dengan terobasan barunya, makin banjir order tiap hari dan makin lancar rezekinya.

    @KrisMilyader
    WebPreneur, SEOspecialist, TwitPreneur
    WhatsApp 087854138558
    http://www.arwuda.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s