Kiat praktis sebagai Agen Aqua (1)

Artilel ini ditujukan kepada pembaca blog yang ingin memulai bisnis sebagai Agen Aqua atau bidang bisnis yang lain, khususnya kepada karyawan yang masih aktif dan berniat akan alih profesi menjadi wirausaha.

1. Tahap persiapan mental.
Mempunyai niat yang bulat untuk memilih profesi wirausaha dan yakin bahwa profesi tersebut akan membawa kesejahteraan dalam melakoni kehidupan yang penuh dinamika dan tantangan.

Perlu dipahami, bahwa profesi wirausaha ( mengelola bisnis) memerlukan “proses” perjuangan panjang tiada henti, suatu profesi yang serius dan bukan pekerjaan sampingan .

Apabila belum mempunyai keyakinan kuat dan niat yang bulat untuk menjadi wirausaha, lebih baik menekuni jenjang karir karyawan, yang relatif berpenghasilan finansial pasti (aman) dan risikonya kecil.

Wirausaha hanya menjanjikan kebebasan jiwa, tidak ada jaminan pasti dalam penghasilan finansial, namun mempunyai kendali atas banyak aspek penting dalam kehidupan, termasuk kendali atas kemampuan mencapai penghasilan finansial tanpa batas dalam berbisnis.

Selain itu, wirausaha juga dituntut untuk piawai mengelola risiko bisnis, cerdas membaca peluang, inovatif dalam menghadapi persaingan, dan seabreg kriteria wirausaha lainnya.

2. Tahap memilih bidang usaha.
Semua bidang bisnis selalu mempunyai kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan tantangan (threat), tidak terkecuali bisnis Agen Aqua.

Bisnis Agen Aqua termasuk bisnis distribusi, jadi tugas pokoknya adalah mendistribusikan produk Aqua, dari produsen (Pabrik, Principal) kepada konsumen.

Distribusi identik dengan tempat penyimpanan produk (gudang) dan pergerakan produk, dari satu tempat ke tempat lainnya, yang diangkut dengan beragam moda angkutan barang.

Paparan tersebut di atas sebagai wacana, agar disiapkan perencanaan yang komprehensif, mencakup jangka pendek, menengah dan panjang.
Perencanaan tersebut digunakan sebagai alat ukur dan paparan aksi bisnis dalam mencapai tujuan akhir (impian) pribadi wirausaha.

Impian besar selalu diawali dengan aksi langkah kecil, misalnya memulai bisnis Agen Aqua, yakni sebagai Pengecer / Retailer (strata dasar).

Setelah memahami seluk beluk strata Retailer, silahkan naik kelas ke Whole Seller atau ikut program Aqua Home Service (AHS) yang digelar PT Tirta Investama (Principal) melalui jaringan Distributor di seluruh area marketing PT Tirta Investama di Indonesia.

Lulus dari strata Whole Seller, silahkan naik kelas ke strata Star Outlet / Sub Distributor.

Setelah piawai di kelas Star Outlet, silahkan naik kelas tertinggi, yakni strata Distributor.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s