Kiat praktis sebagai Agen Aqua (2).

3. Tahap pembuatan Rencana Bisnis.

Siapkan informasi seluk beluk bisnis Agen Aqua yang akan dirangkum sebagai materi pokok pembuatan Rencana Bisnis.
Ikhtisar Rencana Bisnis mencakup rencana aksi bidang Marketing, Operasional, Finansial dan SDM.

Informasi bisnis Agen Aqua dapat diperoleh, antara lain :

  • Telpon ke Pusat Layanan Aqua Menyapa :  0807-15-88888 (pulsa lokal)
  • Daftar alamat dan nomor telpon Distributor Aqua dapat ditanyakan melalui telpon kepada Pusat Layanan  Aqua Menyapa 0807-15-88888 (pulsa lokal)

Disarankan agar meluangkan waktu untuk mendatangi kantor Depo PT TIV atau kantor Distributor Aqua terdekat, sehingga dapat menanyakan seluk beluk sebagai Agen Aqua kepada pejabat di Depo PT TIV / Distributor Aqua yang memahami dan mempunyai wewenang untuk menjelaskan segala aturan keagenan Aqua  yang digunakan oleh Principal.

  • Browsing di internet perihal artikel rencana bisnis, sehingga anda akan terinspirasi dan fokus dalam pembuatan rencana bisnis.
  • Artikel-artikel di blog ini tentang pengalaman mengelola bisnis Agen Aqua dan seluk beluk (kiat praktis) menjadi Agen Aqua.

4. Mengenali hambatan bisnis Agen Aqua.

Perlu dipahami bahwa bisnis Agen Aqua, sebagaimana bisnis lainnya, memerlukan perjuangan agar dapat eksis, terlebih pada tahap awal bisnis.

Salah satu contoh hambatan di bidang Marketing, antara lain :
Sebagai pemain baru Agen Aqua, anda pasti akan mendapat tekanan dari Agen Aqua yang sudah eksis sebelumnya, karena anda akan berebut pelanggan yang sebelumnya dilayani oleh Agen Aqua lama tersebut.

Disarankan, anda tidak menggunakan strategi banting harga untuk merebut pasar/pelanggan, namun mengggunakan strategi pelayanan yang berkualitas prima, misal : pengiriman produk cepat (tepat waktu), karyawan pengirim produk berperilaku santun, menjunjung tinggi etika bisnis, dll.

Strategi banting harga akan membawa bisnis Agen Aqua menuju kehancuran, karena margin yang diperoleh tidak cukup untuk menutup biaya Operasional. Dan kelak anda akan mengalami kesulitan untuk menaikkan harga jual produk yang sudah terlanjur dibanting harganya.

Sebagai catatan, pelayanan yang prima memerlukan margin yang cukup, agar sumber daya utama bisnis Agen Aqua (armada, SDM, finansial) yang digunakan untuk pelayanan pada kondisi yang prima.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s