Kiat praktis sebagai Agen Aqua (4).

6. Finansial, Administrasi dan Kontrol bisnis.
Tak dapat dipungkiri bahwa fungsi finansial merupakan “darah” bagi suatu bisnis, elemen yang perlu dicermati dengan seksama oleh setiap wirausahawan.

Faktor finansial rentan dengan problem : salah kelola, penyelewengan/penyimpangan, tidak adanya pemisahan antara keperluan pribadi dan keperluan bisnis, serta seabreg hambatan lainnya.

Diperlukan kecerdasan finansial yang cukup agar wirausaha dapat mengelola bisnis dengan efektif dan efisien.
Paling tidak dapat memahami pengendalian arus kas secara sederhana, yakni menjaga agar arus penerimaan kas selalu lebih besar dari arus pengeluaran kas dalam satu periode tertentu.
Pada umumnya, kondisi surplus kas suatu perusahaan mengindikasikan pengelolaan finansial yang sehat, efektif dan efisien.

Pengelolaan finansial yang efektif memerlukan administrasi pembukuan yang relatif tertib dan informatif, sehingga laporan finansial yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alat pengambil keputusan bisnis, serta sebagai alat ukur kinerja/laju tumbuh suatu perusahaan.

Meskipun bisnis masih dalam skala kecil, seyogyanya sudah menyelenggarakan administrasi pembukuan sederhana namun informatif, sehingga mudah untuk dikontrol secara periodik.

Cakupan kontrol harian di dalam bisnis Agen Aqua meliputi :

  • Pengecekan nota penjualan, yakni volume barang, harga jual satuan produk dan hasil perkaliannya di dalam nota penjualan.

Meskipun hal di atas kelihatannya sepele, dalam prakteknya sering dijumpai beragam modus penyimpangan di nota penjualan yang dilakukan oleh “oknum” karyawan.

  • Stok opname harian untuk Persediaan Barang, agar dapat dilakukan cross check dengan data Pembelian barang dari Depo/Distributor, serta Penjualan dari Nota Penjualan (tunai dan kredit)

Kontrol yang dilaksanakan kontinyu akan mendeteksi penyimpangan secara dini, sehingga laju tumbuh perusahaan dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s