Agen Aqua : Mengenali hambatan pasokan.

Setiap beberapa hari menjelang dan setelah Lebaran selalu terjadi hambatan pasokan produk Aqua. Kejadian yang selalu terulang setiap tahun dan nyaris tidak ada mekanisme perbaikan pasokan produk kepada Agen Aqua, karena problemnya memang kompleks.

Banyak pembaca blog, terlebih pelaku usaha Agen Aqua, yang menyampaikan keluhan pasokan, baik melalui media komentar di artikel blog, mengirim e-mail ataupun mengirim SMS ke ponsel.

Saya sebagai salah satu pelaku bisnis Agen Aqua, juga mengalami hambatan pasokan produk dalam satu bulan terakhir ini. Hambatan pasokan tersebut mencakup hampir semua jenis produk kemasan karton (SPS) dan jenis produk Aqua Galon.

Sharing :

Hampir semua pelaku bisnis komersial (skala besar maupun kecil) mempunyai tujuan yang sama, yakni mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dengan menggunakan sumber daya dan risiko bisnis yang seminimal mungkin.

Pakem bisnis tersebut di atas mengakibatkan problem distribusi / pasokan produk menjadi kompleks bin rumit, banyak faktor yang kait mengait ibarat benang kusut, antara lain :

1. Permintaan pasokan yang tinggi beberapa hari menjelang dan setelah Lebaran dari para Agen Aqua, terlebih di daerah yang banyak kedatangan para pemudik.

Sebagai ilustrasi : frekuensi pasokan kepada Agen Aqua yang pada kondisi normal setiap minggu dikiririm 2 (dua) kali, berhubung produk Aqua sedang laris manis (faktor hadirnya pemudik) lalu Agen Aqua minta dikirim setiap hari.

Permintaan tambahan pasokan dari para Agen Aqua tersebut akan membuat pusing Distributor Aqua dalam mengalokasikan Stok barang (yang nota bene berdasarkan PO untuk pasokan kepada Agen Aqua selama 1 minggu plus buffer stock selama 1-2 hari).

Faktor lain adalah jumlah armada (pada titik paling ekonomis) yang dimiliki Distributor, naiknya permintaan pasokan akan menambah rumit pengaturan armada yang mengirim barang kepada ratusan Agen Aqua yang harus dilayani.

2. Kapasitas produksi pabrik tidak dapat dinaikkan begitu saja apabila terjadi peningkatan permintaan sesaat atas pasokan, karena setiap peningkatan kapasitas produksi akan menyangkut berbagai aspek produksi, yakni : Stok Bahan Baku dan Bahan Pembantu, Kapasitas Mesin Pabrik, Pengaturan shift SDM, Quality Control, Kapasitas Gudang penyimpan produk jadi, Ekpedisi pengirim barang, Regulasi Pemerintah, dan seabreg aspek lainnya.

3. Regulasi Pemerintah yang melarang beroperasinya kendaraan berat (truck besar, tronton) beberapa hari sebelum dan sesudah Hari Raya Lebaran. Hal ini menyebabkan tidak ada pasokan produk dari Pabrik kepada Distributor selama 4-6 hari.

4. Pabrik Aqua tidak berproduksi selama 4-5 hari dan semua karyawan diliburkan untuk merayakan Idul Fitri.

Faktor-faktor tersebut di atas yang (mungkin) menyebabkan terhambatnya pasokan produk dari Distributor kepada Agen Aqua.

Mengatasi hambatan pasokan dapat dilakukan dengan beberapa alternatif, namun harus diingat bahwa setiap langkah yang diambil akan membawa risiko bisnis :

1. Menambah stok barang sedikit demi sedikit, yakni sebulan sebelum Lebaran.
Risiko : memerlukan dana modal kerja dan gudang penyimpan produk.

2. Menganjurkan pelanggan untuk menambah Aqua galon dan stok kemasan karton sebelum Lebaran.
Risiko : pelanggan tidak mau menambah galon dan stok kemasan karton.

Semoga paparan di atas bermanfaat bagi pembaca blog. Selamat Idul Fitri 1432 H, mohon maaf lahir batin.
Salam entrepreneur.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

9 thoughts on “Agen Aqua : Mengenali hambatan pasokan.”

  1. saya sebagai pelaku Aqua Home Servicees pebgiriman sudah ditunjuk yaitu CV MITRA MULIA si Ringroad utara Trini Trihanggo Gamping Sleman , namun belakangan pelayanan kurang memuaskan . telepon kantor juga mati …mohon info apakah saya bisa ambil di Depo Yogyakarta ( Distributor lain ) terima kasih …

  2. baru saja saya mau buka usaha yg sama……………sedang onfire2xnya…eeeeeeeee…dapat kabar stok langka & blm bisa memenuhi pelanggan lama apalageeeeeeeee…..saya yg baru mau buka…yaaaaa..sabar dulu deh……..tetap semangat + menunggu….

  3. Semalam 12 Sept 2011 saya ngobrol sama org maaf tidak bisa sebut namanya ( LODAYA ) Bandung.
    Dan saya lihat semua galon tidak ada segel,aneh ? Dan Aqua Subang sedang mengalami kesulitan air dikarenakan kemarau panas membuat debit air berkurang.Dan itu membuat pasokan aqua menjadi terhambat.Terima Kasih-

  4. Saya di balaraja barat, sudah lebaran plus 12, stok masih nihil. Padahal sudah telanjur beli banyak botol, akhirnya cuma numpuk saja makan tempat :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s