Master Mind : wadah curhat bisnis.

Mengelola bisnis identik dengan belajar seumur hidup, karena bisnis merupakan sebuah proses panjang. Proses yang harus dijalani tahap demi tahap, tidak dapat secara instant… sekali “klik” langsung beres dan sukses.

Mungkin ketika menjadi karyawan mempunyai karir cemerlang dan jabatannya cepat meroket, namun belum tentu pada saat alih profesi menjadi pengusaha, bisnisnya cepat meroket.

Kala mengelola bisnis, ada beragam aspek yang harus dipelajari, beberapa aspek yag belum diperoleh atau belum dipahami secara utuh ketika masih berprofesi sebagai Karyawan.

Salah satu contoh paling gamblang adalah aspek : tanggung jawab.

Ketika menjadi Karyawan, aspek tanggung jawab dikondisikan berjenjang oleh sistem dan prosedur organisasi perusahaan. Jadi aspek tanggung jawab “dilempar” kepada Boss atau Direktur Perusahaan… hehehe…

Namun pada saat anda menjadi Pengusaha, anda tidak dapat lagi “berlindung” di bawah naungan Boss seperti saat menjadi Karyawan, karena sekarang anda sendiri yang menjadi Boss… muara terakhir segala problem bisnis… dan harus diselesaikan.

Sharing :
Pada tahap start up, disarankan bergabung dengan komunitas bisnis yang mengusung visi memajukan bisnis anggotanya.
Dengan bergabung di komunitas bisnis, paling tidak kita berada di dalam komunitas yang mempunyai visi misi yang sama, yakni mengelola bisnis.

Di samping itu, kita juga bisa “curhat bisnis” dengan anggota komunitas yang lain, bisa sharing dan tukar pengalaman dalam menyelesaikan suatu kasus bisnis.

Mulai tahun 2007 sampai sekarang, aku bergabung dan aktif sebagai motivator di Komunitas bisnis TDA (Tangan Di Atas) wilayah Jogya dan Solo.

Di komunitas TDA Jogya, aku mempunyai Kelompok Master Mind (KMM) dengan sedulur : Edo Yumono Labdo, Satriyo Yok dan Arnold.

Forum KMM merupakan wadah curhat bisnis, yang dikemas a’la brotherhood bagi setiap anggotanya… saling mendukung untuk kemajuan bisnis masing-masing.

Forum KMM dilaksanakan setiap bulan dan setiap anggota wajib hadir, kewajiban hadir merupakan media belajar anggota KMM untuk menjunjung tinggi komitmen (karakter yang harus dimiliki seorang wirausaha sejati).

Selamat mengevaluasi bisnis anda di tahun 2011 dan menyiapkan rencana aksi bisnis untuk tahun 2012. Salam wirausaha Indonesia.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

5 thoughts on “Master Mind : wadah curhat bisnis.”

  1. Kepada Bapak Bams
    Pak Saya berniat sekali untuk mulai membuka usaha dengan calon suami saya. Tapi baru bertanya soal usaha salah satu waralaba saja kami sudah menemui hambatan. Seperti kurang dipercaya (mungkin) karena usia saya yang masih sangat muda. Kira-kira bagaimana ya Pak Saya bisa memulai usaha kalau belum belum sudah seperti ini. Rencananya saya ingin bermitra dengan salah satu waralaba. Karena rasanya sulit menemukan ide usaha yang bisa saya kelola sendiri dari nol. Saya punya sedikit modal. Tapi saya tidak punya kemampuan berwirausaha. Karena ini baru pertama kali. Mohon bantuan dan motivasinya pak. Barangkali Bapak punya rekomendasi usaha. Mohon balasannya pak

    1. Mbak Ayu bisa simak artikel saya “Tips praktis memulai bisnis” di http://www.stokjogja.com/tips-praktis-memulai-bisnis/
      Ide usaha bisa digali dari hobi dan kompetensi mbak Ayu, serta diselaraskan dng peluang pasar yg dibutuhkan masyarakat.
      Setelah membuat rencana usaha yg sederhana, segera lakukan “aksi” nyata membuka usaha yg dipilih.
      Mulailah dari skala kecil (modal maksimal 1 juta), agar risiko bisnis dapat dikelola dng baik dan terukur.
      Terima kasih kunjungannya. Sukses selalu untuk mbak Ayu.
      Salam wirausaha Indonesia.

  2. Dear mas Rudi Priambodo,
    Terima kasih atas kunjungannya, maaf terlambat reply karena sdg sibuk dng aktivitas rutin.
    Well, membaca paparan anda di atas, saran saya hanya satu : segera ACTION.
    Wujudkan semua yg anda paparkan tsb dan mulai dari skala KECIL, agar RISIKO dapat diminimalisir.
    Dengan segera memulai/membuka/mendirikan (action) bisnis/usaha, anda akan segera menangkap peluang, mengalami hambatan dan memahami segala hal tentang bisnis.
    Salam wirausaha Indonesia. See you at the top…🙂

    1. terima kasih bang Bams atas respon & support nya. besok sabtu sy akan menjalankan demo masak ayam prestonya yg ke tiga dan sy coba mengundang tetangga ke rumah untuk mencoba dimintai penilaiannya. mudah mudahan penilaiannya memuaskan.

      mohon bantuan serta sumbangsih dari mas bams untuk langkah dan trik memulai cara penjualannya.

      saya sangat mengharapkan balasan emailnya.

      salam hormat rudy

  3. Dear Pak Bambang
    Saya Rudi yang bertempat tinggal di Depok dan sudah berkeluarga. Saat ini saya sedang mengganggur, tertarik dan ingin wira usaha dibidang kuliner. Terus terang saya belum punya pengalaman banyak di bidang kuliner. tapi saya sudah pernah mencoba demo memasak satu ekor ayam presto, Alhamdulillah lumayan sukses (karena dibantu oleh istri saya tercinta).
    Yang saya berharap dapat diberikan saran, tahapan dan arahan bagaimana memulai usaha bisnis usaha jualan ayam dan bebek presto dari NOL dengan modal pas pasan, bahwa saya ingin usaha ayam dan bebek presto dalam paket menu per ekor penuh ditambahkan sambal+lalapan yang sistem penjualannya door to door (keliling) dengan menggunakan sepeda motor juga saya lakukan perkenalan dan penawan saya tambahkan dengan menyebarkan brosur dari rumah ke rumah.

    Selain penjualan dilakukan dengan motor keliling, saya juga lakukan pelayanan konsumen dengan cara delivery order berdasarkan pesanan by phone.

    Mohon bantuannya Pak, kiat kiat memulai usaha tsb dan bagaimana serta apa saja yg perlu saya persiapkan dan juga bagaimana jualan saya dapat diminati oleh para konsument.

    Demikian saya sampaikan dan terima kasih semoga sukses selalu buat Pak Bambang. Salam

Leave a Reply

