Tutup tahun buku 2011.

Setiap awal tahun baru selalu diisi dengan aktivitas tutup buku atas administrasi pembukuan perusahaan yang dikelola.

Kegiatan sudah dimulai satu minggu yang lalu ketika melaksanakan stok fisik Persediaan Barang Dagangan maupun Inventarisasi Aset Perusahaan.
Kegiatan tersebut di atas untuk menyiapkan koreksi-koreksi pembukuan, dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan tahun buku 2011.

Koreksi –koreksi perlu dilakukan karena sepanjang tahun buku 2011 terjadi selisih volume Barang Dagangan, antara catatan Administrasi Stok di Bagian Akuntansi dengan Administrasi Stok di Bagian Gudang.

Perbedaan paling sering terjadi adalah Stok Galon Kosong yang di-reject oleh Pabrik Aqua, karena kondisi galon : retak, terkena cat, berlumut, penyok, dll.

Total stok Galon Kosong yang di-reject tersebut menjadi biaya yang harus dibebankan dalam Laporan Perhitungan Laba Rugi tahun 2011.

Setelah penyusunan Laporan Keuangan tahun 2011 selesai, dilanjutkan dengan menyiapkan Laporan Pajak (SPT) tahun buku 2011, untuk menghitung Pajak Penghasilan pasal 25 (Pribadi) terhutang dan kekurangan yang masih harus disetorkan ke Kas Negara via Bank Persepsi.

Penyiapan SPT Pajak tahun 2011 tidak terlau rumit, karena kami sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak) setiap bulannya sudah melaporkan PPN (Pajak Pertambahan Nilai), PPh 21 Karyawan dan PPh pasal 25 (Pribadi).

Last but not least, tugas terakhir adalah mengevaluasi potret Laporan Keuangan tahun buku 2011 dibandingkan dengan Laporan Keuangan tahun buku 2010.

Pada fase evaluasi inilah eksistensi kita sebagai wirausaha “digugat”… apakah visi misi bisnis yang dicanangkan sudah on the track atau malah bias kemana-mana ?? (Lho… malah jadi ingat lagu Ayu Ting Ting “… kemana… kemana…”.. hahaha…)

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s