Hambatan (impian) jadi Pengusaha

Bingung jadi Pengusaha

Artikel ini ditujukan kepada Karyawan yang ingin alih profesi menjadi Pengusaha. Beragam faktor dan kondisi yang menjadi alasan mengapa Karyawan ingin alih profesi menjadi Pengusaha.

Pada umumnya faktor yang mendorong ingin alih profesi sebagai berikut :

  • Faktor dan situasi Kantor : Jenuh dengan rutinitas kerja, Jenjang karir terhambat dan tidak jelas prosedur pencapaiannya, Karir mentok, Prestasi kerja tidak dihargai Perusahaan, Konflik berkepanjangan dengan atasan, Penghasilan tidak sepadan dengan pengorbanan, Peraturan Perusahaan yang membelenggu kebebasan, dll.
  • Faktor Keluarga : Tidak mempuyai waktu yang cukup untuk keluarga, Sebagian besar waktu digunakan untuk aktifitas Kantor, Kehilangan momen indah ketika anak masih kecil dan lucu, Kebersamaan dengan keluarga hanya pada waktu libur dan cuti, dll.
  • Faktor Impian : Ingin “hidup sejahtera dan bahagia”, ingin “bebas”, ingin mempunyai “banyak waktu” kebersamaan dengan keluarga, ingin menciptakan lapangan kerja, dll.

Well… banyak Karyawan yang ingin alih profesi menjadi Pengusaha, namun bingung bagaimana cara untuk : memulai bisnis, mengurutkan prioritas, memilih jenis bisnis, mencari informasi, menyiapkan modal usaha, dll.

Faktor bingung tersebut masih ditambah dengan faktor takut, takut kalau nanti bisnis rugi, ditipu, gagal atau bangkrut ?? Terlebih takut dengan biaya hidup rumah tangga, biaya sekolah anak, dll (padahal sudah resign dan tidak menerima amplop Gaji dari Kantor lagi ??)

Faktor bingung dan takut itulah yang menghambat impian anda untuk menjadi Pengusaha. Berita buruknya, hanya anda sendiri yang dapat mengatasi hambatan tersebut.

Rasa bingung dan takut adalah manusiawi, hendaknya emosi tersebut dikelola dengan bijak.
Berita bagusnya, rasa bingung dan takut tersebut akan hilang dengan sendirinya, sepanjang anda mempunyai “niat” dan “ikhtiar” yang kuat, serta anda harus “yakin”... pasti “bisa” meraih impian menjadi Pengusaha.

Artikel berikutnya merupakan beragam Peluang Bisnis yang dapat anda jalankan, selagi anda masih menjalani profesi Karyawan. Artikel tersebut juga membahas kiat praktis memulai bisnis dan “modal” yang diperlukan.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

1 thought on “Hambatan (impian) jadi Pengusaha”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s