Mengembangkan Bisnis

Proses tumbuh kembang dan kinerja sebuah Perusahaan tidak hanya diukur dari hitungan angka matematis Finansial atau Ratio-ratio, yang tercermin dari Laporan Keuangan Perusahaan.

Di dalam mengelola Perusahaan agar ‘sehat’ dan bisa tumbuh kembang, perlu diperhatikan beberapa faktor ‘non teknis’, di luar alat ukur kinerja Perusahaan yang lazim digunakan.

Faktor ‘non teknis’ tersebut antara lain :

  • Sampai seberapa jauh Pemilik Perusahaan dapat meng-improve diri dalam menyikapi perkembangan jaman, misalnya : mengoptimalkan kekuatan Media Sosial (Facebook, Twitter, dll) agar dapat menggenjot omzet untuk menembus batas impian.
  • Kreativitas dalam menghadapi persaingan bisnis, saat ini bukan lagi hanya bersaing pada Harga Jual Produk atau Jasa, namun sudah merambah pada Standar Kualitas Pelayanan yang istimewa, agar Pelanggan terpuaskan, sehingga Pelanggan bersedia untuk melakukan Repeat Order.
  • Mengajari dan mendorong Karyawan mempunyai jiwa Entrepreneur, yang diaktualisasikan dengan ‘membuka’ Bisnis Plan berikut strateginya, agar setiap Karyawan memahami bagaimana Perusahaan akan tumbuh kembang (baca : mencetak laba), sekaligus dapat menghayati dan mampu melaksanakan setiap action plan.
    Tentu saja Karyawan juga perlu mengetahui skema benefit yang akan diperolehnya, ketika Karyawan berhasil menjalankan strategi Bisnis Plan yang telah ditetapkan oleh Top Management.
  • Kemampuan menciptakan derivat bisnis dari Perusahaan Inti yang dikelola, sehingga akan tercipta Profit Center baru, dan didesain untuk menguatkan struktur Finansial bisnis Perusahaan Inti.
    Struktur Finansial yang kuat akan memudahkan kita dalam mengembangkan bisnis Perusahaan yang dikelola, serta tahan banting dalam menghadapi persaingan bisnis.

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

2 thoughts on “Mengembangkan Bisnis”

  1. Berdasarkan konsep balanced scorecard bahwa kinerja keuangan sebenarnya merupakan akibat atau hasil dari kinerja non keuangan (costumer, proses bisnis, dan pembelajaran).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s