Apa ide bisnis anda ?

Ide bisnis tidak harus dicari sampai ke ujung dunia ataupun harus mengerutkan jidat bak menghadapi ujian pendadaran, juga tidak perlu bersemedi menunggu turunnya wangsit dari langit.
Ide bisnis  dapat diperoleh dari dari hal-hal sederhana  yang berada di sekitar kita, antara lain :

  • Mengenali diri sendiri

Silakan anda kenali diri sendiri. Temukan sesuatu yang anda senangi (hobi, kegemaran), ketrampilan  dan kemampuan, jaringan relasi, latar belakang edukasi  yang anda miliki, dan pastinya potensi diri  sendiri yang bisa anda wujudkan menjadi bisnis  yang menguntungkan.

Misalkan latar belakang pendidikan anda jurusan Ekonomi Akuntansi, yang bekerja di Bagian Perpajakan di suatu Perusahaan, tidak ada salahnya menangkap peluang bisnis  sebagai Konsultan Pajak  skala kecil.

Pangsa pasar yang tersedia sangat menggiurkan, mengingat saat ini banyak orang yang mendapat Surat Penetapan dari Kantor Pelayanan Pajak sebagai wajib pajak,  dan setiap wajib pajak diwajibkan oleh Undang-undang harus melaporkan penghasilannya.
Sebagaimana diketahui, sebagian besar dari mereka masih awam  tentang perpajakan.

Contoh lain, anda seorang karyawan Perusahaan Konstruksi Sipil yang sering berhubungan dengan Supplier Material dan para Mandor Pekerja Borong. Anda dapat mengoptimalkan pengalaman dan relasi anda untuk mendirikan usaha Kontraktor skala kecil yang melayani pembangunan atau renovasi rumah di sekitar anda.

  • Mengenali kebutuhan lingkungan terdekat

Ide usaha bisa digali dari mengetahui kebutuhan anda sendiri, misalkan : beras, pulsa telpon, listrik prabayar, susu instan, air mineral, LPG, laundry, antar jemput anak sekolah, cuci motor/mobil, salon kecantikan, dan sebagainya.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut di atas merupakan peluang usaha yang dapat dimulai dengan skala kecil  (lingkungan rumah tinggal anda), serta tidak memerlukan modal yang besar.

  • Memetik ide bisnis dari media massa

Informasi  yang disajikan media massa  dapat dijadikan ide bisnis, misalkan informasi tentang kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik. Anda dapat menangkap peluang usaha dengan berjualan produk-produk hemat energi.

  • Mengintip ide usaha dari Yellowpages

Halaman iklan Yellowpages  (Buku Telepon) menyajikan informasi beragam bentuk bisnis, dari bisnis yang sederhana sampai dengan bisnis yang canggih. Tinggal pilih jenis bisnis yang menginspirasi anda, pastinya disesuaikan dengan kompetensi anda.

Apa ide bisnis anda ??   Bikin bisnis sendiri, yuk  !!

Author: Bams Triwoko

Entrepreneur. Grandpa. Jogjakarta, Indonesia. Blogging. Amateur Photography. Travel enthusiast.

8 thoughts on “Apa ide bisnis anda ?”

  1. Salam kenal,Pak Bam.Saya seorang karyawan seperti anda di tahun 2000 an.
    Bagian Produksi,sekarang nyambi Jualan alat-alat kesehatan. Bagaimana peluangnya jadi agen AQUA?

    1. Salam kenal kembali pak Edi Nurcahyo.
      Menurut saya, anda lebih baik mengembangkan dan fokus pada bisnis jualan alat-alat kesehatan yg sudah dirintis selama ini, dari pada mencoba usaha bisnis baru sebagai Agen Aqua.
      Bidang kesehatan merupakan peluang bisnis yg prosepektif dan atraktif. Terima kasih.
      Salam wirausaha Indonesia.

      1. Bisa aja om Bams. Online store kayanya ga cocok masuk yellowpages ya🙂
        Yang menyenangkan dari online store ketika ada order dari daerah yang kita belum pernah dengar. Internet mengubah segalanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s