Seluk beluk Agen Aqua (1).

Mayoritas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca blog adalah bagaimana memulai bisnis Aqua, berikut ini rangkuman pertanyaan pembaca blog dan jawabannya berupa sharing pengalaman menjalankan bisnis Aqua.

Artikel ditujukan kepada pembaca blog yang masih berstatus karyawan dan berniat pindah kuadran menjalani profesi wirausaha.
Semoga jawaban yang disajikan dapat menjawab pertanyaan pembaca blog yang ingin memulai bisnis Aqua.

Pertanyaan :

  • Dimana saya bisa membeli Aqua galon dan Karton ? Selama ini toko sudah dipasok oleh Agen Aqua, tetapi saya ingin membeli langsung dari Depo PT Tirta Investama (TIV) agar mendapatkan harga lebih murah . Di mana alamat dan nomor telpon Depo PT TIV / Distributor Aqua terdekat ?

Jawaban :
Pada prinsipnya strata harga beli produk Aqua tergantung pada :

  • Volume pembelian produk, yakni semakin banyak volume pembelian dalam 1 (satu) Nota Pembelian, maka harga satuan produk semakin murah.
    Misal : harga satuan volume pembelian 15 galon, pasti berbeda dengan harga satuan volume pembelian 100 galon.
  • Frekuensi pembelian produk, artinya berapa kali frekuensi pembelian produk dengan volume tertentu dan kontinyu dalam periode tertentu / per bulan. Hal ini terkait dengan “target” volume pembelian produk yang ditentukan oleh Distributor / Depo TIV.
    Misal : Harga pembelian 100 galon yg hanya dilakukan 1 kali per bulan, pasti berbeda dng pembelian 100 galon yg dilakukan setiap minggu (4 kali sebulan).

Sebaga informasi, strata harga jual produk Aqua sudah ditentukan oleh Principal (PT TIV), sehingga harga produk Aqua yang dibeli melalui Depo PT TIV, Distributor ataupun Sub Distributor pasti sama, kalaupun ada perbedaan… biasanya permainan harga dari oknum Salesman… hehehe…

Apabila perbedaan harga signifikan, pembaca dapat mengajukan complain kepada : Aqua Menyapa, Depo PT TIV terdekat, atau kepada Pimpinan Distributor / Sub Distributor yang biasa memasok Aqua.

Untuk alamat Depo PT TIV dapat dibaca di artikel Informasi Lengkap Agen Aqua.

Sharing :

  • Pada tahap awal memulai bisnis Aqua, lebih pas apabila menerapkan strategi marketing yang cerdas dan jitu (misal, Delivery Service), yakni bagaimana menaikkan omzet penjualan dan mendapatkan pelanggan yang loyal.
    Kelak dengan naiknya omzet penjualan, otomatis akan memerlukan pasokan produk yang banyak. Artinya kita akan membeli produk yang lebih banyak… volume pembelian yang banyak, identik dengan harga satuan produk yang pasti lebih murah.
  • Bisnis identik dengan perputaran uang, jadi apabila di tahap awal bisnis melakukan pembelian produk dalam volume besar (agar diperoleh harga produk yang murah), kemungkinan akan menguras modal kerja, yakni akibat sebagian besar modal kerja tertahan sebagai stock barang (karena kesulitan menjual produk dalam waktu yang relatif cepat).
  • Disarankan memulai bisnis dari skala kecil, agar risiko bisnis dapat dikelola dengan baik dan terukur.

40 Replies to “Seluk beluk Agen Aqua (1).”

  1. salam kenal mas bam..langsung aja yaw..!!saya mohon info dan tips jadi agen aqua yang sudah mas kelola selama ini..supaya saya ngerti dan bisa menjalankan bisnis agen aqua denagn benar..dan yang utama supaya gk tertipu dengan permainan harga sales..karena jujur mas distributor untuk permainan harga sudah tersistem dari atasan sampai bawahan..jadi kita mau complain apapun juga gk bakal digubris..walaupun kita juga sudah tlpn kangsung ke nomor aqua menyapa untuk mencari info yang lebih jelas..
    untuk itu sekali lagi mas bam mohon bagi tips n pengalaman jenengan selama ini dalam mengelola bisnis agen aqua..matur nuwun..!!!

  2. mas Bams, mohon saran untuk besaran upah petugas lapangan AHS kisaran berapa dan bagaimana sistemnya ya? Saya ada di Kota Solo. Suwun.

    1. Sistem upah dapat dikombinasikan antara Gaji Tetap ditambah Insentif (dihitung dari jumlah produk Aqua yg dikirim ke Pelanggan).
      Disarankan, total pendapatan Karyawan (Gaji Tetap plus Insentif) minimal sebesar UMR kota Solo.
      Semoga membantu. Matur nuwun.

  3. trim artikelnya sangat terinspirasi tp mau nanya nih mas Bram he he
    1. berapa modal awal menjadi reseller dan apa aja syrat yg dibutuhkan menjadi resseler aqua?
    2. Apakah SIUP diperlukan untuk menjadi resseler?
    ditunggu jwbnnya….. suhuuunnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: